Efektivitas Pelaksanaan Pasal 5 Ayat (8) Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 17 Tahun 2009 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan (Studi Di Dinas Pendidikan Dan Ke

Pawestrie, GanjarRiezky (2015) Efektivitas Pelaksanaan Pasal 5 Ayat (8) Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 17 Tahun 2009 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan (Studi Di Dinas Pendidikan Dan Ke. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat Efektivitas Pelaksanaan Pasal 5 (8) Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 17 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan. Pilihan tema diatas dilatar belakangi, setelah Perwali tersebut telah dilaksanakan selama 6 tahun, yakni pada tahun 2009-2015 timbul permasalahan penting, seperti kasus kenakalan remaja yang mengalami peningkatan 25 %, tidak tercapai standar indikator keluarga berlingkungan pendidikan. Berdasarkan latar belakang pemikiran diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana efektivitas pelaksanaan pasal 5 ayat (8) Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 17 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan? (2) Apa saja yang menjadi hambatan dari efektivitas pelaksanaan pasal 5 ayat (8) Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 17 Tahun 2009 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan? (3) Apa saja upaya untuk mengatasi hambatan dari efektivitas pelaksanaan pasal 5 ayat (8) Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 17 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Data primer maupun data sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu memusatkan perhatiannya pada prinsip-prinsip umum yang mendasari perwujudan satuan-satuan gejala yang ada dalam kehidupan manusia, pola-pola yang dianalisis gejala-gejala sosial budaya budaya dengan menggunakan kebudayaan dari masyarakat yang bersangkutan untuk memperoleh gambaran mengenai pola-pola yang berlaku. Dari hasil penelitian diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pelaksanaan pasal 5 ayat (8) Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 17 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan, dikatakan tidak efektif, disebabkan karena, sebagai berikut : a) ditinjau dari segi substansi bahwa dalam Peraturan walikota tersebut belum dicantumkan mengenai sanksi yang tegas, b) ditinjau dari segi struktur kegiatan monitoring yang dilakukan pada hari senin oleh Pokja memberikan kesan tidak intensif dan efektif dan kurangnya manajemen pembagian tugas dalam Tim Pokja , c) ditinjau dari kultur hukum, bahwa hasil dari penelitian, hampir seluruh anggota kepala kelurga di lingkungan kelurahan tersebut belum mencapai 81%, kategori A, yaitu belum memenuhi standar indikator yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Mojokerto antara, motivasi pendidikan, fasilitas belajar, jam wajib belajar, kontrol belajar, keharmonisan keluarga dan pola hidup bersih, sehat, aman dan nyaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/329/051601122
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Mar 2016 10:36
Last Modified: 12 May 2022 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112365
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Sampul_Baru.pdf]
Preview
Text
Sampul_Baru.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item