Penerapan Sanksi Administrasi Terhadap Wajib Pajak Penghasilan Yang Melakukan Pelanggaran Perpajakan (Studi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng)

Istigoni, NadiahEvi (2015) Penerapan Sanksi Administrasi Terhadap Wajib Pajak Penghasilan Yang Melakukan Pelanggaran Perpajakan (Studi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Penerapan Sanksi Administrasi Terhadap Wajib Pajak Penghasilan Yang Melakukan Pelanggaran. Pilihan tema tersebut dilatar belakangin Pada kenyataannya sering dijumpai wajib pajak yang sengaja tidak melaksanakan kewajibannya membayar pajak setelah batas waktu yang ditentukan lewat, kurangnya pemahaman wajib pajak terhadap adanya penerapan sanksi dan kurang disiplinan wajib pajak dalam kewajibannya membayar pajak, dan banyak kecurangan didalamnya yang didasarkan self assessment masih menjadi kendala, sehingga berdampak pada berkurangnya penerimaan pajak. Fakta yang terjadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng pada umumnya masih adanya potensi wajib pajak yang melakukan pelanggaran. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana penerapan sanksi perpajakan berupa sanksi administrasi terhadap wajib pajak penghasilan yang melakukan pelanggaran perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng, (2) Apa saja hambatan dan solusi dalam penerapan sanksi perpajakan berupa sanksi adiministrasi terhadap wajib pajak penghasilan yang melakukan pelanggaran perpajakan. Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan pendekatan penelitian yuridis sosiologis. Data primer dan sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari Hasil Penelitian metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa permasalahan Penerapan Sanksi Administrasi Terhadap Wajib Pajak Penghasilan yang Melakukan Pelanggaran belum optimal, perlu mendapatkan perhatian serius, sehingga dapat meminimalisir tindakan wajib pajak yang tidak patuh dalam arti tidak sesuai dengan peraturan perundangudangan perpajakan yang berlaku. Hal itu masih menunjukkan banyaknya wajib pajak yang melakukan pelanggaran di bidang perpajakan salah satunya tidak memenuhi kewajiban membayar pajak sehingga berdampak pada berkurangnya penerimaan pajak. Namun hambatan tersebut dapat diatasi oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng dengan melakukan sosialisasi atau penyuluhan, dan pendekatan konseling atau konsultasi untuk meminimalisir pelanggaran yang terjadi, memecahkan permasalahan wajib pajak, dan memudahkan menerapkan proses pemberian sanksi administrasi, agar memberikan efek jera terhadap wajib pajak penghasilan yang melakukan pelanggaran dalam perpajakan agar tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/322/051601115
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Mar 2016 10:18
Last Modified: 12 May 2022 01:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112358
[thumbnail of Bab1-_Bab5.PDF]
Preview
Other
Bab1-_Bab5.PDF

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover_+_Daftar_isi.PDF]
Preview
Other
Cover_+_Daftar_isi.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item