Implementasi Diversi Bagi Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Dalam Proses Pemeriksaan Di Pengadilan (Studi Di Pengadilan Negeri Malang )

Syahrini, FirstinaAntin (2015) Implementasi Diversi Bagi Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Dalam Proses Pemeriksaan Di Pengadilan (Studi Di Pengadilan Negeri Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, Penulis mengangkat permasalahan Implementasi Diversi bagi anak yang berhadapan dengan hukum, pilihan tema tersebut di latar belakangi oleh Adanya pelaksanaan diversi menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak yang berlaku pada tanggal 1 Agustus 2014 Penulis mengambil lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Malang. Apakah pelaksanaannya sudah sesuai dengan undang-undang tersebut atau belum? Siapa saja pihak-pihak yang hadir dalam diversi di pengadilan? Berhasilkah diversi tersebut? Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana Implementasi Diversi Bagi Anak yang Berhadapan dengan Hukum dalam proses pemeriksaan di Pengadilan Negeri Malang? (2)Apa Hambatan dalam implementasi Diversi bagi anak yang berhadapan dengan hukum dalam proses pemeriksaan di Pengadilan Negeri Malang? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan penelitian empiris dengan pendekatan Yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif. Jenis dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh di lapangan dan langsung diperoleh dari sumbernya yaitu hasil wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait dengan permasalahan yang di angkat.Data sekunder merupakan data yang dipergunakan untuk membantu dalam memperjelas proses analisis pada data primer yaitu bahan-bahan pustaka berupa literatur, dokumen, arsip pengadilan negeri Malang. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa diversi bagi anak yang berhadapan dengan hukum dalam proses pemeriksaan di pengadilan negeri malang sudah sesuai dengan undang-undang, pihak-pihak terkait juga telah menjalankan tugas dan kewenangannya di sini, ada hambatan-hambatan yang di temui oleh pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan diversi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/314/051601107
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Mar 2016 09:03
Last Modified: 21 Oct 2021 14:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112349
[thumbnail of SKRIPSI_DIVERSI_FIRSTINA_0810110135.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_DIVERSI_FIRSTINA_0810110135.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item