Cahyanti, Laudita (2015) Upaya Konsumen Dalam Menuntut Ganti Rugi Dari Pemalsuan Merek Suku Cadang Sepeda Motor (Studi Dalam Prespektif Pasal 4 Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam penelitian skripsi ini penulis bertitik tolak dari permasalahan (1) Upaya konsumen dalam menuntut ganti rugi dari pemalsuan merek suku cadang sepeda motor di kota Malang (2) Hambatan konsumen dalam menuntut ganti rugi akibat pemalsuan merek suku cadang sepeda motor di kota Malang. Penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yang mengacu pada norma hukum yang berlaku kemudian dikaitkan dengan pelaksanaan norma hukum tersebut di lapangan. Penelitian ini juga akan dilakukan di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang berlokasi di Perkantoran Terpadu, Gedung A, Lt. 3, Jl. Mayjen Sungkono Malang. Responden dari penelitian ini yakni 40 orang konsumen suku cadang sepeda motor yang mengalami pemalsuan merek di Kota Malang dan Ir. Titik Mujiati, Kepala Sekertariat BPSK Kota Malang. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) 70% responden memilih untuk diam dan tidak melakukan upaya untuk menuntut ganti rugi, sementara 30% lainnya melakukan upaya mediasi (10%), konsiliasi (10%), dan upaya lain yang berupa negosiasi (10%). (2) Hambatan konsumen dalam menuntut ganti rugi antara lain karena kurangnya kepercayaan terhadap penegak hukum, kurangnya pengetahuan mengenai adanya lembaga yang membantu konsumen, kurangnya kesadaran mengenai pentingnya upaya penyelesaian sengketa konsumen dan kurangnya ketertarikan masyarakat untuk memakai jasa BPSK. Diharapkan kedepannya ada peningkatan kesadaran hukum masyarakat akan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, serta adanya sosialisasi mengenai BPSK, diharapkan masyarakat menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih suku cadang, meminimalisasi penjualan suku cadang palsu untuk menghindari kerugian, dan mencantumkan ciri khusus pada suku cadang asli sebagai acuan untuk konsumen.
English Abstract
In this thesis studies the author of decline dotted (1) consumer Efforts in demanding compensation from counterfeiting brand spare parts of motorcycles in the city of Malang (2) barriers to consumers in demanding indemnity as a result of counterfeiting brand spare parts of motorcycles in the city of Malang. Research used is the juridical sociological which refers to the legal norms that apply later is associated with the implementation of these legal norms in the field. This research will also be carried out in Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen located in Perkantoran Terpadu, Gedung A, Lt. 3, Jl. Mayjen Sungkono Malang. The respondents of the study i.e. 40 consumer motorcycle parts that experienced counterfeit brands in Malang and Ir. Titik Mujiati, head of Secretariat for BPSK Malang. Based on the results of the research were obtained the following results: (1) 70% of the respondents chose to be quiet and not make an effort to sue for damages, while the other 30% made efforts of mediation (10%), conciliation (10%), and other efforts in the form of negotiations (10%). (2) consumer Resistance in demanding compensation among others due to lack of confidence in the law enforcement, lack of knowledge about the existence of institutions that help consumers, the lack of awareness about the importance of consumer dispute resolution efforts and the lack of community interest to use services of BPSK. Expected future there is increased awareness of law society consumer protection legislation, as well as the socialization of BPSK, Society expected to be smart consumers in selecting replacement parts, minimizing the fake spare parts sales to avoid a loss, and included original characteristic for spare parts as a reference for consumers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2015/3/ 051502053 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 10 Mar 2015 15:41 |
Last Modified: | 10 Mar 2015 15:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112332 |
Actions (login required)
View Item |