Pelaksanaan Pelayanan Pdam Kota Malang Dalam Penyediaan Air Bersih Yang Sehat Berdasarkan Peraturan Direksi Pdam Kota Malang Nomor U/06 Tahun 2010

Triningtias, Ratnawati (2015) Pelaksanaan Pelayanan Pdam Kota Malang Dalam Penyediaan Air Bersih Yang Sehat Berdasarkan Peraturan Direksi Pdam Kota Malang Nomor U/06 Tahun 2010. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tentang pelaksanaan pelayanan PDAM Kota Malang dalam penyediaan air bersih yang sehat berdasarkan standart pelayanan publik yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pelayanan yang dilakukan oleh PDAM Kota Malang, khususnya dalam penyediaan air bersih yang sehat? (2) Apakah kendala yang dihadapi oleh PDAM Kota Malang dalam pelayanan terkait penyediaan air bersih yang sehat dan bagaimana solusi yang ditawarkan dalam menghadapi kendala tersebut? Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, yaitu peraturan yang dikaitkan dengan praktek di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis-sosiologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode analisa data kualitatif deskriptif. Pendekatan ini dilakukan dengan ketentuan standar pelayanan publik yang tertuang dalam Peraturan Direksi PDAM Kota Malang Nomor U/06 Tahun 2010. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pelayanan PDAM Kota Malang dalam penyediaan air bersih yang sehat telah terlaksana dengan baik, namun masih terdapat beberapa kendala. Beberapa permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai; tindak kecurangan yang dilakukan oleh masyarakat; kurangnya sosialisasi mengenai ZAMP; penyelesaian rekondisi jalan yang tidak sesuai harapan. Solusi dalam menghadapi masalah tersebut adalah, perlu adanya sanksi tegas bagi masyarakat yang membuang sampah di sungai; dibuatnya sumber air sendiri di Kota Malang; dilakukan pengawasan dan tindakan yang tegas bagi masyarakat yang melakukan kecurangan; perlu dilakukan sosialisasi mengenai ZAMP; perlu adanya pengawasan PDAM terhadap kinerja rekanan; perlu dilakukan pelatihan karyawan PDAM Kota Malang secara berkala.

English Abstract

In this thesis, the author rises the issue of implementation of sanitation services by PDAM Malang based on public service standards. This article discusses the issues of: (1) How is the implementation of services by PDAM Kota Malang, particularly in the provision of clean water and sanitation? (2) What are the problems faced by PDAM Kota Malang in the problems? This study uses empirical law research method, associate the regulations with the pratices. This study uses juridical-sociological approach method. The data resources in this study are primary data and secondary data obtained through interviews, questionnaires, and literature study. This research uses descriptive qualitative data analysis method. This research’s approach uses standart provisions of public services contained in Peraturan Direksi PDAM Kota Malang Nomor U/06 Tahun 2010. From the result of research by the method, the author get the answers to existing problems, that PDAM Malang’s service in the provision of clean water and sanitation has been served well, but there are some problems. Some of the problems are the lack of public awareness in maintaining the river cleanliness; acts of fraud committed by public society; lack of awareness about ZAMP; bad road reconditioning. The solutions to the problems are the need of strict punishment for people who throw garbage on the river; make water resources in Malang; surveillance and firm action for people who commit fraud; socialization of ZAMP, surveillance to PDAM partner’s work; training of PDAM Kota Malang employee on a regular basis.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/296/ 051508952
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Jan 2016 10:20
Last Modified: 11 May 2022 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112328
[thumbnail of Ratnawati Triningtias.pdf]
Preview
Text
Ratnawati Triningtias.pdf

Download (937kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item