Perspektif Para Pengelola Tempat Usaha Dan Pelaku Usaha Atas Larangan Pembiaran Penjualan Barang Hasil Pelanggaran Hak Cipta (Studi Pelaksanaan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak C

Hardianti, AnnisaSetyo (2015) Perspektif Para Pengelola Tempat Usaha Dan Pelaku Usaha Atas Larangan Pembiaran Penjualan Barang Hasil Pelanggaran Hak Cipta (Studi Pelaksanaan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak C. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan mengenai adanya pertentangan antara kenyataan yang berada ditengah masyarakat dengan yang ada dalam perundang-undangan. Hal ini berkaitan erat dengan konsekuensi hukum yang akan dihadapi para pihak apabila dianggap telah melanggar aturan Undang- Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, yaitu mengharuskan pengelola tempat usaha ikut bertanggung jawab jika terdapat pelaku usaha yang memperdagangkan barang yang terindikasi melanggar hak cipta. Penulis mengangkat rumusan masalah : Bagaimana perspektif dari pihak pelaku usaha yang menjual barang bajakan berdasarkan Pasal 10 juncto Pasal 114 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan bagaimana perspektif pengelola tempat usaha terhadap pelaku usaha yang terindikasi menjual barang bajakan berdasarkan Pasal 10 juncto Pasal 114 Undang-Undang nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta? Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan jenis yuridis empiris, sedangkan Pendekatan penelitian ini yuridis sosiologis, peneliti memilih lokasi penelitian di kota Malang karena Malang merupakan kota yang dalam hal pembajakan dan penjualan barang hasil pelanggaran masih terbuka dan secara terang-terangan, hal ini dibuktikan dengan terdapat banyak tempat penjualan di dalam Mall/tempat pusat perbelanjaan, hal ini merupakan fenomena yang berbeda dari kota-kota lainnya. Penelitian ini adalah penelitian empiris, maka data yang diperlukan adalah data primer Penelitian ini adalah penelitian empiris. Sumber data yang digunakan peneliti beragam yaitu dengan data primer yang diperoleh dari wawancara, sedangkan data sekunder lebih pada penelusuran pustaka.Populasi dan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah dari pengelola tempat usaha dan pelaku usaha serta untuk data penunjang digunkana pula dari aparat yang berwajib. Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan perspektif dari setiap pihak yang terkait dalam permasalahan ini dan dapat menganalisa sertamenemukan kesimpulan dan saran untuk permasalahan ini.

English Abstract

In this paper the authors raised the issue about the contradiction between the fact that at the center of the community and those in the legislation. It is closely related to the legal consequences to be faced by the parties if it is deemed to have violated the rules of Law No. 28 Year 2014 on Copyright, which requires managers of businesses take responsibility if there are businesses that trade in goods is indicated infringe copyright. The authors raised the formulation of the problem: How can the perspective of the businesses that sell pirated goods pursuant to Article 10 in conjunction with Article 114 of Law Number 28 Year 2014 on Copyright and how the perspective of a business manager to businesses that sell goods indicated pirated pursuant to Article 10 in conjunction with Article 114 of Law Number 28 Year 2014 About Copyright? This type of research is research with empirical juridical kind, while the juridical sociological approach of this study, the researchers chose research sites in the city of Malang as Malang is a city in terms of piracy and sale of infringing goods is still open and openly, this is evidenced by there many points of sale in the Mall / Place shopping center, this is a phenomenon that is different from other cities. This study is an empirical research, the necessary data is primary data research is empirical research. Source of data used are diverse researchers with primary data obtained from interviews, while secondary data over the search pustaka.Populasi and samples used by researchers is of the manager of the business and the businesses as well as for supporting data digunkana authorities also of apparatus. From this study, the authors can conclude the perspective of each party involved in this matter and can analyze and find the conclusions and suggestions for this problem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/295/ 051508951
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Jan 2016 10:05
Last Modified: 06 Jan 2016 10:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112327
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item