Upaya Penanganan Pemberian “Kredit Topengan” Pada Kredit Usaha Rakyat (Kur) Di Bank Bri (Persero) Tbk. Unit Pasar Mrican Cabang Kediri

Putra, Mahindra Mandala (2015) Upaya Penanganan Pemberian “Kredit Topengan” Pada Kredit Usaha Rakyat (Kur) Di Bank Bri (Persero) Tbk. Unit Pasar Mrican Cabang Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, peneliti mengangkat permasalahan Upaya Penanganan Pemberian Kredit Fiktif pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank BRI (Persero) Tbk. Unit Pasar Mrican Cabang Kediri. Pilihan judul ini dilatar belakangi karena pada penyaluran KUR di BRI Unit Pasar Mrican Cabang Kediri masih terjadi adanya kasus Kredit Usaha Rakyat (KUR) macet dengan latar belakang kredit fiktif. Yakni suatu kredit dapat dikatakan fiktif yaitu apabila debitur yang tercatat pada pembukuan kredit bank tidak ada atau ada tetapi tidak pernah berhubungan langsung dengan bank atau program kredit yang bersangkutan. Penyebabnya adalah adanya kesengajaan dan kecurangan baik dari pihak internal Bank atau eksternal dari pihak ke 3 dengan cara memasukan identitas palsu misalnya (KTP Palsu/KTP orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya). Sehingga ketika bankir melakukan analisis kredit dengan data-data yang palsu atau fiktif tersebut bisa lolos dari survey dan diberikan kepada nasabah maka bisa dipastikan kredit tersebut tidak akan bertahan lama dan bermasalah ketika nasabah tidak melakukan pembayaran angsuran kredit. Berdasarkan hal di atas, ditarik rumusan masalah : (1) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh PT Bank BRI (persero) Tbk. Unit Pasar Mrican cabang Kediri untuk penanganan penyaluran “kredit topengan” pada KUR ? (2) Apa saja hambatan yang dihadapi oleh PT Bank BRI (persero) Tbk. Unit Pasar Mrican cabang Kediri dalam mencegah pemberian “kredit topengan” pada pinjaman KUR (3) Bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan dalam penanganan pemberian “kredit topengan” pada KUR yang dilakukan oleh PT Bank BRI (persero) Tbk. Unit Pasar Mrican cabang Kediri? Karya tulis ini menggunakan metode yuridis-empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Data primer berupa hasil wawancara yang dilakukan di PT Bank BRI (persero) Tbk. Unit Pasar Mrican cabang Kediri dan data sekunder berupa Undang-Undang, Peraturan-peraturan BI dan literatur buku dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Dalam hasil penelitian, peneliti memperoleh jawaban atas Penyebab utama kasus-kasus Kredit Fiktif pada pinjaman KUR yang terjadi di Bank BRI Unit Pasar Mrican Cabang Kediri adalah dari pihak debitur sendiri salah satu penyebabnya yakni dari faktor character yang dari awal memiliki niat kesengajaan atau niat buruk (bad character) dalam mengajukan pinjaman kredit. solusinyaMelakukan pengawasan melekat secara khusus yang dilakukan oleh Ka.Unit dan Customer Service terhadap dokumen primer kredit, melakukan audit internal untuk mengetahui faktor-faktor internal yang menghambat dalam pencegahan kredit fiktif,danupaya terakhir untuk mengatasi hambatan yaitu dengan cara pihak bank harus berpedomanSurat Edaran(SE) BI No. 13/28/DPNP tanggal 9 Desember 2011, mengenai Penerapan Strategi Anti Fraud bagi Bank Umum.

English Abstract

In this essay, the researchers raised the issue of Prevention Lending Fictitious on Peoples Business Credit (KUR) At Bank BRI (Persero) Tbk. Kediri Branch Unit Mrican Market. The background of this title selection as the BRI KUR in Kediri Branch Mrican market is still going on for the case of the Peoples Business Credit (KUR) jammed the credit fictitious background. Namely a fictitious credit can be said that if the debtor is recorded on the books of banks loans did not exist or there but never deal directly with banks or credit programs concerned. The reason was the deliberate and fraudulent both the Banks internal or external 3rd party by entering a false identity for example (Fake ID/KTP others without the knowledge of the owner). So that when bankers do credit analysis with data that is false or fictitious can get away from the survey and provided to customers then surely such credit will not last long and problematic when a customer fails to pay the loan installments. This paper uses the juridical - empirical method with sociological juridical approach . The primary data of the results of interviews conducted at PT Bank BRI (Persero) Tbk . Markets Unit Mrican Kediri branch and secondary data from the Act, regulations BI and literature books were analyzed by qualitative data analysis techniques. In the research , researchers obtained the answers to the main cause of cases of “topengan credit” on KUR loans that occurred in Bank BRI Unit Mrican Market Kediri Branch of the debtor is itself one of the factors that cause the character from the beginning had a deliberate intent or bad faith ( bad character) in the filed of credit loans . Supervising embedded solution specifically committed by Head Unit and Customer Service of the primary documents of credit , conduct internal audits to determine the internal factors that hinder the prevention of “topengan credits” , and a final attempt to overcome that is by the bank should be guided Letter Circular ( SE ) BI No. 13/28 / DPNP dated December 9, 2011 , on the Application of Anti- Fraud Strategy for Commercial Banks.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/284/ 051508940
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Jan 2016 15:15
Last Modified: 28 Apr 2022 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112315
[thumbnail of 115010107111125_COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
115010107111125_COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of 115010107111125_BAB 1.pdf]
Preview
Text
115010107111125_BAB 1.pdf

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 115010107111125_BAB 2.pdf]
Preview
Text
115010107111125_BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 115010107111125_BAB 3.pdf]
Preview
Text
115010107111125_BAB 3.pdf

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of 115010107111125_BAB 4.pdf]
Preview
Text
115010107111125_BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 115010107111125_BAB 5.pdf]
Preview
Text
115010107111125_BAB 5.pdf

Download (580kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item