Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah Guna Menangani Penggunaan Rekening Untuk Penipuan Melalui Online Shop (Studi Di Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kawi Malang)

Situmorang, NoviePurnamasari (2015) Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah Guna Menangani Penggunaan Rekening Untuk Penipuan Melalui Online Shop (Studi Di Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kawi Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan tentang penerapan prinsip mengenal nasabah guna mencegah dan mengatasi pembukaan rekening untuk penipuan melalui online shop. Pilihan judul tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya pengaduan atau pelaporan dari nasabah mengenai adanya penyalahgunaan rekening yang diindikasikan digunakan untuk penipuan melalui online shop. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana penerapan prinsip mengenal nasabah guna menangani penggunaan rekening untuk penipuan melalui online shop di PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kawi Malang? (2) Apa hambatan serta upaya PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kawi Malang dalam menerapkan prinsip mengenal nasabah guna menangani penggunaan rekening untuk penipuan melalui online shop? Penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa penerapan Prinsip Mengenal Nasabah yang dilakukan oleh pihak PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Kantor Cabang Kawi Malang ini diterapkan saat sebelum pihak bank melakukan hubungan usaha dengan nasabah yaitu pada saat proses pembukan rekening. Pertama pihak bank akan menanyakan informasi dan dokumen calon nasabah, kemudian melakukan identifikasi, melakukan penolakan kepada calon nasabah bila tidak memenuhi persyaratan. Selain itu pihak bank juga akan mengakhiri hubungan usaha kepada nasabah bila melakukan penyalahgunaaan rekening seperti halnya rekening yang digunakan untuk penipuan melalalui online shop. Adapun hambatan dan upaya dalam menerapkan prinsip ini adalah berkaitan dengan jaringan internet ketika proses pembukaan rekening dilakukan, dan ketika hal itu terjadi pihak bank akan menghubungi bagian teknisi. Kemudian hambatan yang kedua adalah ketika KTP calon nasabah tersut sulit terbaca Nomor Induk Kependudukannya dan jika hal itu terjadi maka pihak bank akan menyarankan agar terlebih dahulu mengurusnya ke instansi yang terkait. Dan yang terakhir ketika clon nasabah yang tidak koooperatif dalam memberikan informasi kepada bank serta tidak jarang pula calon nasabah yang merasa keberatan bila pihak menayakan data keuangan. Dan ketika itu terjaddi pihak bank akan menjelaskan pentingnya data atau informasi tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui produk-produk yang dimiliki.

English Abstract

The researcher try to lift problem about application of Know Your Customer Principles to prevent and to overcome the account opening that used for fraud through online shop. The topic was selected because there were complaints and reports from customer about the existence of account misuse that indicated to be a form of fraud through online shop. Based on facts above, the problems of this research are : (1) How is the application of Know Your Customer Principles to handle the account opening that used for fraud through online shop at Kawi Malang branch office of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), (2) What is obstacles and efforts faced in application of Know Your Customer Principles to handle the account opening that used for fraud through online shop at Kawi Malang branch office of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). The research method is empirical juridical with socio-juridical approaching method. The results of this research are: application of Know Your Customer Principles to prevent and to overcome the account opening that used for fraud through online shop at Kawi Malang branch office of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) is applied before business relationship between the bank and the customer at the time of the opening account. At first, the bank will ask about prospective customer’s information and related document, then prospective customer identification, the bank can refuse business relation with prospective customer if he don’t manage the requirements. Beside that, the bank will end the business relationship to customer if the account misuse like the account used for fraud through online shop. The obstacles and efforts in applied these principles are related to internet network when the opening account occured, then the bank will contact the technician to repair it. The second obstacle is when the prospective customer’s ID wasn’t readable, then the bank will ask him to repair it first to the registry office. The last is the non-cooperative behaviour of prospective customer about their information and sometimes they were objected if asked about the financial data, then the bank will explain the importance of data that will be used to fulfill customer’s need through their products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/268/ 051508924
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Jan 2016 10:06
Last Modified: 15 Jan 2016 10:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112297
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item