Pelaksanaan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Secara Online Sebagai Wujud E-Government (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Kantor Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara)

Fathany, Azrul (2015) Pelaksanaan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Secara Online Sebagai Wujud E-Government (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Kantor Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan judul tersebut dilatarbelakangi oleh ditemukannya banyak kendala yang dialami oleh Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara dalam memberikan pelayanan izin mendirikan bangunan secara online terhadap masyarakatnya. Hal ini menjadikan hambatan bagi Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga perlu penelitian mengenai pelaksanaan pelayanan izin mendirikan bangunan di wilayah Kecamatan Kelapa Gading yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Kelapa Gading, agar dapat mencapai tujuan yaitu pelayanan yang berbasis e-government. Rumusan masalah yang digunakan oleh penulis yaitu (1) Bagaimana pelayanan Izin Mendirikan Bangunan secara online untuk mewujudkan pemerintahan berbasis e-government berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Bangunan dan Gedung? (2) Bagaimana pelayanan Izin Mendirikan Bangunan sebelum dan sesudah adanya sistem PTSP di kantor Kecamatan Kelapa Gading? Metode penelitian yang digunakan adalah Yuridis Empiris dan pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi sedangkan data sekunder melalui studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Pelaksanaan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan secara online di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan dan Gedung, namun ditemukan banyak kekurangan yang dihadapi untuk pelayanan izin mendirikan bangunan secara online yang menjadi hambatan dalam pelaksanaannya serta terdapat perbedaan dari perubahan sistem pelayanan izin mendirikan bangunan di kantor pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara. Saran yang dapat diberikan penulis adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempercepat proses penyempurnaan software Izin Mendirikan Bangunan secara online dan peran masyarakat yang aktif serta berpartispasi dalam proses pelaksanaan pelayanan IMB online guna mewujudkan e-government.

English Abstract

The selection of such titles based on the discovery of many obstacles experienced by One Door Integrated Services Office subdistrict of Kelapa Gading, North Jakarta in providing the service of building permit online against the people community. It makes an obstacle to the office of One Door Integrated Service in subdistrict Kelapa Gading, North Jakarta to carrying out their duty. So that, need to research on the implementation of the service of building permits in the subdistrict Kelapa Gading done by One Door Integrated Service office of Kelapa Gading, in order to achieve the purpose of which is e-government program based on services. The problem formula used by author is (1) How the service of building permits online to create government based of e-government program based on the rule of regional capital city Jakarta Number 7/2010 about the house and building? (2) How the service of building permits before and after the existence of the One Door Integrated Services system at the subdistrict office Kelapa Gading? The method used is Empirical Juridical and research approach used is the juridical sociological. Source of data used primary data and secondary data, primary data obtained through interviews and observations, while secondary data through library research. Metode analysis of the data used is descriptive analysis and then analyzed by descriptive qualitative. The research results have been made can be known that the implementation of the service of building permits online at the office of One Door Integrated Service subdistrict Kelapa Gading, North Jakarta is in accordance with the rule of regional capital city Jakarta Number 7/2010 about the house and building, but found many things that faced by to service building permits online that are obstacles in its implementation and there is a difference from the alteration of a system of service building permits in the office of One Door Integrated Service subdistrict Kelapa Gading, North Jakarta. Recommendations given to the provincial government of Jakarta is speeding up the process of perfecting the software building permit online, and people’s active role in the process and participate of the online service building permits in order to realize of e-government program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/217/ 051508872
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Jan 2016 10:38
Last Modified: 15 Jan 2016 10:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112241
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item