Upaya Perlindungan Hukum Oleh Pemilik Rumah Dalam Mencegah Kerugian Akibat Wanprestasi Penyewa Dari Kebiasaan Masyarakat Adat Batak (Studi Kasus Di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau

Sidabutar, Binardo (2015) Upaya Perlindungan Hukum Oleh Pemilik Rumah Dalam Mencegah Kerugian Akibat Wanprestasi Penyewa Dari Kebiasaan Masyarakat Adat Batak (Studi Kasus Di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan jurnal ini Penulis Membahas permasalahan hukum mengenai upaya perlindungan hukum oleh pemilik rumah dalam mencegah kerugian akibat wanprestasi penyewa terhadap kebiasaan masyarakat adat batak. Hal ini dilatar belakangi adanya perjanjian sewa menyewa didaerah kecamantan Mandau, Kabupaten Bengkalis menggunakan akta dibawah tangan dan hukum kebiasaan adat batak dalam melakukan perjanjian. Yang menyebabkan seringkali terjadinya wanprestasi yang dialami oleh pemilik rumah. Penyebab wanprestasi sering terjadi dalam perjanjian sewa menyewa karena hukum adat seringkali digunakan sebagai patokan dalam melakukan perjanjian sewa menyewa. Metode penelitian yang digunakana dalam penulisan jurnal ini yuridis empiris. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan legal sosial atau hukum sosiologi. Berdasarkan Hasil Penelitian, adanya upaya perlindungan hukum oleh pemilik rumah dalam mencegah kerugian wanprestasi penyewa yang dilakukukan dengan lisan maupun tulisan, melakukan musywarah, melaporkan pihak penyewa kepada polisi serta melakukan upaya hukum melalui gugatan pengadilan diharapkan dapat melindungi pemilik rumah. Disamping itu juga hambatan-hambatan yang dialami pemilik rumah untuk mencegah wanprestasi oleh penyewa terhadap kebiasaan adat batak karena adanya kebiasaan dalam Masyarakat Batak Kecamatan Mandau bahwa sistem Perjanjian yang dilakukan didasarkan pada Asas Kepercayaan dan kebiasaan dalam masyarakat batak dalam membayar sewa rumah dicicil setiap bulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/216/ 051508871
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Jan 2016 13:00
Last Modified: 05 Jan 2016 13:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112240
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item