Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah (Studi Implementasi Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 105 Tahun 2000 Terhadap Program Pembangunan Rumah Warga Miskin Di Kota Batu)

Kiswandono, Yoni (2015) Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah (Studi Implementasi Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 105 Tahun 2000 Terhadap Program Pembangunan Rumah Warga Miskin Di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Implementasi Pasal 4 PP Nomor 105 Tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah terhadap sektor kesejahteraan sosial masyarakat Kota Batu. Penulis mengangkat permasalahan tersebut karena dilatar belakangi masih terdapat beberapa masyarakat miskin di 3 Kecamatan di Kota Batu yang masih belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, sehingga kesejahteraan sosial mereka pun tidak terjadi perubahan yang signifikan. Dalam hal ini bantuan yang dimaksud adalah program rehab rumah, sehingga penulis lebih berkonsentrasi pada 1 program tersebut di Kecamatan Junrejo. Berdasarkan uraian latar belakang diatas, penulis mengangkat dua rumusan masalah, yaitu : (1) Bagaimana implementasi pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 105 Tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah terhadap sektor kesejahteraan sosial masyarakat Kota Batu? (2) Bagaimana peran pemerintah Kota Batu dalam memaksimalkan tingkat kesejahteraan sosial masyarakatnya dengan memanfaatkan potensi alamnya seiring meningkatnya wisata hiburan seperti Secret Zoo dan Batu Night Spectacular? Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris, yaitu penelitian hukum yang difokuskan pada suatu aturan hukum atau peraturan – peraturan yang kemudian dihubungkan dengan fakta yang terjadi di lapangan. Bahan hukum primer (wawancara) dan bahan hukum sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data studi kasus, yaitu metode yang digunakan untuk mengkaji gejala – gejala sosial dari suatu kasus dengan cara menganalisisnya secara mendalam, kasus tersebut dapat berupa seseorang, sebuah kelompok, sebuah komunitas, suatu masa atau peristiwa, suatu proses, dan sebuah satu kesatuan kehidupan sosial. Dari hasil penelitian yang didapatkan dengan menggunakan metode diatas, penulis menemukan jawaban atas permasalahan yang dirumuskan. Bahwa implementasi pasal 4 PP Nomor 105 Tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah terhadap sektor kesejahteraan sosial masyarakat Kota Batu telah terlaksana cukup baik, serta peran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakatnya pun terlaksana dengan cukup baik. Berdasarkan pokok bahasan skripsi ini yang lebih spesifik menjelaskan mengenai program pembangunan rumah / rehab rumah dan program yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, maka Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Batu; dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/2/051500224
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jan 2015 09:51
Last Modified: 27 Apr 2022 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112220
[thumbnail of BAB_I_-_V_full.pdf]
Preview
Text
BAB_I_-_V_full.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item