Optimalisasi Hak Dan Wewenang Pemerintah Kabupaten Dalam Memungut Retribusi Usaha Perikanan Di Kabupaten Gresik (Studi Di Dinas Kelautan, Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Gresik)

Aryani, RhetaDwi (2015) Optimalisasi Hak Dan Wewenang Pemerintah Kabupaten Dalam Memungut Retribusi Usaha Perikanan Di Kabupaten Gresik (Studi Di Dinas Kelautan, Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis menganalisis mengenai optimalisasi Pemerintah Kabupaten Gresik dalam menarik retribusi usaha perikanan. Retribusi usaha perikanan yang ditarik dinelayan serta retribusi yang ditarik di Tempat Pelalangan Ikan (TPI). Penarikan yang dilakukan dinelayan sebanyak Rp. 2.000 setiap harinya. Sedangkan penarikan TPI sebanyak 2.5% yang diambil dari pembeli dan penjual. Akan tetapi pemerintah belum dapat menarik dengan optimal disebabkan adanya permasalahan. Salah satunya ada permainan dilevel tengkulak dan tidak ditarik sungguh-sungguh oleh pemerintah. Sedangkan dalam Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gresik sudah mengatur bahwa Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gresik harus melakukan penegakan hukum di wiliyah pesisir, salah satunya penarikan retribusi kepada nelayan. Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 6 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha mengatur mengenai penarikan retribusi TPI yang sebesar 2,5% kepada pembeli dan penjual. Akan tetapi retribusi yang didapatkan Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gresik belum memenuhi target. Berdasarkan latar belakang diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah: Bagaimana tindakan Pemerintah Kabupaten Gresik dalam upaya penarikan retribusi usaha perikanan? Apa hambatan yang dialami Pemerintah Kabupaten Gresik dalam mengoptimalisasi penarikan retribusi usaha perikanan di Kabupaten Gresik? dan Bagaimana solusi yang seharusnya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik dalam mengoptimalisasikan penarikan retribusi usaha perikanan di Kabupaten Gresik?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/179/051505234
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2015 15:14
Last Modified: 27 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112197
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi_rheta.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi_rheta.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_PERSETUJUAN_RHETA_terbaru.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_PERSETUJUAN_RHETA_terbaru.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR,_daftar_isi_dan_daftar_tabel_dll_RHETA_DA.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR,_daftar_isi_dan_daftar_tabel_dll_RHETA_DA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item