Upaya Penerapan Sanksi Hukum Administrasi Oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Terhadap Penyelenggaraan Reklame Tanpa Izin (Studi Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Nganjuk)

Zulfa, Asri Hikmatuz (2015) Upaya Penerapan Sanksi Hukum Administrasi Oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Terhadap Penyelenggaraan Reklame Tanpa Izin (Studi Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan sanksihukumadministrasiyang dilakukan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Nganjuk terhadap reklame tanpa izin adalah dengan mengirimkan surat teguran kepada pihak pemohon yang menyatakan bahwa reklame yang dipasang adalah illegal dan masa berlakunya telah habis. Apabila reklame yang terpasang adalah reklame tanpa izin atau tidak melewati proses perizinan di BPPT Kabupaten Nganjuk yang dimana data wajib pajak tidak masuk input data DP2KAD, hal ini menyebabkan tidak diketahuinya siapa yang melakukan pemasangan reklame tersebut. Sehingga tindakan hukum administrasi yang dilakukan oleh pihak BPPT terhadap reklame yang tidak melalui prosedur perizinan adalah dengan cara melakukan pencopotan secara paksa terhadap reklame tersebut.2.Hambatan yang dihadapi oleh BPPT Kabupaten Nganjuk adalah biaya operasional untuk melaksanakan penertiban tersebut atau pencopotan reklame secara paksa untuk reklame tanpa izin. Selain permasalah biaya operasional, penempatan lokasi pemasangan reklame khususnya untuk reklame jenis spanduk dan banner belum tersedianya sarana dan prasana 104untuk pemasangan reklame jenis spanduk dan banner tersebut, padahal itu sudah menjadi kewajiban pihak Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Nganjuk untuk menyediakan media pemasangan reklame jenis spanduk dan banner. Hambatan lain yang dihadapi oleh Badan Pelayanan Perizinan terpadu Kabupaten Nganjuk adalah pihak pemasangan reklame tidak melihat masa berlaku dari pemasangan reklame tersebut sehingga hal ini menjadikan pekerjaan pemerintah Kabupaten Nganjuk bertambah untuk menerbitkan reklame tanpa izin. Sedangkan untuk reklame berjenis billboard hambatan yang dihadapi oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Nganjuk adalah masa berlakunya izin yang tidak diperhatikan oleh pihak pemohon

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/133/051503839
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jul 2015 09:01
Last Modified: 26 Apr 2022 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112148
[thumbnail of ASRI_HIKMATUZ_ZULFA.PDF]
Preview
Other
ASRI_HIKMATUZ_ZULFA.PDF

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item