Implementasi Pasal 16 Ayat (3) Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No. 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Dan Pelayanan Penyandang Disabilitas Terkait Kewajiban Pelaku Usaha Dalam Mempekerjakan Penyandang Disabilitas (Studi di CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru Kabupaten Malang)

Kusuma, Robby Tejamukti (2015) Implementasi Pasal 16 Ayat (3) Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No. 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Dan Pelayanan Penyandang Disabilitas Terkait Kewajiban Pelaku Usaha Dalam Mempekerjakan Penyandang Disabilitas (Studi di CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Implementasi kesempatan kerja yang sama terhadap penyandang disabilitas berdasarkan Pasal 16 Ayat (3) Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No. 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pelayanan Penyandang Disabilitas pada CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru Malang yang mana tiap pelaku usaha wajib mempekerjakan penyandang disabilitas dengan rasio satu banding seratus (1:100) dimana hal tersebut juga dilindungi oleh konstitusi yaitu pasal 28c tentang kesempatan kerja yang sama Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 dan konvensi internasional yaitu Convention On The Human Rights Of Person With Disabilities. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi terhadap kewajiban CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru sebagai pelaku usaha dalam memperkerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas berdasarkan pasal 16 ayat (3) Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pelayanan Bagi Penyandang disabilitas? (2) Apa kendala CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru dalam mengimplementasika pasal 16 ayat (3) Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pelayanan Bagi Penyandang disabilitas? (3) Bagaimana upaya CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru dalam mengatasi kendala pada implementasi Pasal 16 ayat (3) Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pelayanan Bagi Penyandang disabilitas? Kemudian Penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru Malang. Populasi dalam penelitian ini meliputi pihak pengusaha adalah satu Kepala SDM di CV. Sejahtera Abadi dan satu Kepala HRD di PG. Krebet Baru Malang, dan pihak pengawasan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Malang dan pihak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Malang. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru Malang masih belum mempekerjakan penyandang disabilitas pada perusahaanya dikarenakan pihak perusahaan tidak mengetahui tentang adanya Peraturan Daerah Provinsi No. 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pelayanan Penyandang Disabilitas selain itu juga kurang adanya inisiatif dari pihak perusahaan terhadap hal ini, disatu sisi Dinas Sosial Kabupaten Malang dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Malang juga belum optimal dalam melaksanakan xvii tugasnya karena kurangnya kuantitas dan kualitas dari pegawanya, adapun kendala yang terjadi dari pihak pengusaha adalah buruknya infrastruktur yang ada didalam pabrik sehingga mereka enggak untuk memodifikasi infrastruktur yang ada karena dianggap tidak efisien, sedangkan dari pihak Stakeholder yaitu kurang adanya sistem yang terintergrasi antar dinas sehingga masih terjadinya pelimpahan wewenang yang tidak proporsional sehingga implementasi Pasal 16 Ayat (3) Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur tidak bisa optimal. Adapun upaya yang dilakukan yang dilakukan yaitu dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Malang dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Malang akan mewacanakan penambahan kuantitas dan kualitas pegawai serta merancang sistem yang terintergrasi antar unsur pelaksana yang ada di Kabupaten Malang sehingga Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan implementasi dapat maksimal sedangkan dari pihak perusahaan yaitu CV. Sejahtera Abadi dan PG. Krebet Baru Malang masih belum adanya upaya yang ada namun pihak perusahaan akan bersifat kooperatif jika Dinas Sosial Kabupaten Malang dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Malang dapat membina dan memberikan bantuan terhadap para pelaku usaha yang akan memperkerjakan penyandang disabilitas. Tidak adanya peraturan pelaksana yang ada juga membuat implementasi yang ada tidak maksimal, mengingat regulasi yang ada kurang mengatur secara rinci sehingga stakeholder tidak dapat melaksanakan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No. 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pelayanan Penyandang Disabilitas dengan baik.

English Abstract

In this thesis , the author raises the issue of implementation of equal employment opportunities for persons with disabilities pursuant to Article 16 Paragraph ( 3 ) of East Java Provincial Regulation No. 3 In 2013 on the Protection and Care of Persons with Disabilities on the CV . Sejahtera Abadi and PG . Krebet Baru Malang which each business operators shall employ persons with disabilities with a ratio of one in a hundred ( 1 : 100 ) , where it is also protected by the Constitution is Article 28c of equal employment opportunity Constitution of the Republic of Indonesia in 1945 and international conventions , namely Convention On The Human Rights Of Persons With Disabilities . Based on the above , this paper raised the formulation of the problem : ( 1 ) How is the implementation of the obligations CV . Sejahtera Abadi and PG . Krebet Baru as businesses in hiring workers with disabilities pursuant to Article 16 paragraph ( 3 ) of East Java Provincial Regulation No. 3 of 2013 on the Protection and Care For Persons with disabilities ? ( 2 ) What obstacles CV . Sejahtera Abadi and PG . Krebet Baru in implementation Article 16 paragraph ( 3 ) of East Java Provincial Regulation No. 3 of 2013 on the Protection and Care For Persons with disabilities ? ( 3 ) What efforts CV . Sejahtera Abadi and PG . New Krebet in overcoming obstacles to the implementation of Article 16 paragraph ( 3 ) of East Java Provincial Regulation No. 3 of 2013 on the Protection and Care For Persons with disabilities ? Then writing this paper uses empirical juridical method with sociological juridical approach . The data collection techniques the author uses literature study and interview techniques . Then analyzed using qualitative descriptive analysis . Location of research conducted in the CV . Sejahtera Abadi and PG . Krebet Baru Malang . The population in this study include the entrepreneur is the Head of HR at CV . Sejahtera Abadi and the Head of HR at PG . New Krebet Malang , and the supervision of the Department of Manpower and Transmigration Malang and the Disabled Issues Social Welfare Social Service Malang From the results of research by the above method, the authors obtained the answers to the problems that exist that CV. Sejahtera Abadi and PG. New Krebet Malang still not hiring persons with disabilities in his company because the xvii company does not know about the existence of Provincial Regulation No. 3 In 2013 on the Protection and Care of Persons with Disabilities but it is also a lack of initiative on the part of companies to this, on the one hand and the Malang District Social Service Manpower and Transmigration Malang also not optimal in performing their duties because of a lack of quantity and quality of pegawanya, while problems that occur on the part of employers is poor infrastructure present in the factory so that they baseball to modify the existing infrastructure because it is inefficient, whereas of the Stakeholders ie lack of inter-agency integrated system that is the delegation of authority that is disproportionate to the implementation of Article 16 Paragraph (3) of East Java Provincial Regulation can not be optimal. As for the efforts made is from the Department of Social Welfare and Department Malang Malang Manpower will mewacanakan increase the quantity and quality of the employees as well as designing integrated systems implementing existing between elements in Malang so that communication can work well and can be a maximum of implementation while from the company that is CV. Sejahtera Abadi and PG. New Krebet Malang still existing efforts but the company will be cooperative if the Department of Social Welfare and Department Malang Malang District Manpower can nurture and provide assistance to businesses that will employ people with disabilities. The absence of implementing existing regulations also make existing implementations was not optimal, given the existing regulations less regulate in detail so that stakeholders can not execute the East Java Provincial Regulation No. 3 In 2013 on the Protection and Care of Persons with Disabilities well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/111/ 051503263
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 May 2015 15:20
Last Modified: 07 Dec 2021 01:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112125
[thumbnail of 115010107111205_COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
115010107111205_COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 115010107111205_BAB 5.pdf]
Preview
Text
115010107111205_BAB 5.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 115010107111205_BAB 4.pdf]
Preview
Text
115010107111205_BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 115010107111205_BAB 3.pdf]
Preview
Text
115010107111205_BAB 3.pdf

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of 115010107111205_BAB 2.pdf]
Preview
Text
115010107111205_BAB 2.pdf

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of 115010107111205_BAB 1.pdf]
Preview
Text
115010107111205_BAB 1.pdf

Download (647kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item