Pelaksanaan Pengawasan Inspektorat Terhadap Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) (Studi Di Inspektorat Kabupaten Pamekasan),

Utama, Nindita (2014) Pelaksanaan Pengawasan Inspektorat Terhadap Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) (Studi Di Inspektorat Kabupaten Pamekasan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan pelaksanaan pengawasan Inspektorat terhadap dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pilihan tema tersebut dilatar belakangi program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bertujuan membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat dalam rangka penuntasan wajib belajar sembilan tahun. di daerah kabupaten Pamekasan masih banyak sekali anak-anak yang tidak bersekolah atau tidak mengenyam yang namanya pendidikan. Hal ini disebabkan banyak hal yang membuat mereka tidak mengenyam pendidikan. Salah satunya adalah mahalnya biaya pendidikan yang tidak dapat dijangkau oleh masyarakat. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Pamekasan terhadap dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kabupaten Pamekasan? (2) Apa hambatan yang dihadapi oleh Inspektorat dalam pelaksanaan pengawasan dana Bantuan Operasional Sekolah di Kabupaten Pamekasan? (3) Bagaimana upaya atau strategi yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Pamekasan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pengawasan dana Bantuan Operasional Sekolah di Kabupaten Pamekasan? Penulisan karya tulis ini menggunakan metode Yuridis Empiris dengan menggunakan pendakatan penelitian yuridis sosiologis. Lokasi penelitian ini adalah Kabupaten Pamekasan, khususnya di Kantor Inspektorat Kabupaten Pamekasan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer berasal dari wawancara dan data sekunder berasal dari studi pustaka atau literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah Kantor Inspektorat Kabupaten Pamekasan dan sampel yang diambil adalah pegawai dan staf Inspektorat kabupaten Pamekasan. Bahan hukum primer dan sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Deskriptif Analisis. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, Inspektorat dalam melakukan pengawasan menggunakan 3 (tiga) tahapan, yaitu audit, survey, dan review. Dari ketiga tahapan tesebut, Inspektorat mengalami banyak permasalahan. Salah satunya adalah kurangnya skill dari tenaga administrasi di pihak sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Inspektorat dapat mengadakan bimbingan teknis atau workshop (pelatihan) untuk meningkatkan skill dari tenaga administrasi di sekolah-sekolah. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengawasan Inspektorat terhadap dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berjalan dengan efektif karena terdapat faktor pendukung yang dapat meminimalisir faktor penghambat pengawasan Inspektorat. Faktor pendukung tersebut yang pertama adalah substansi yang berisi tentang aturan-aturan Inspektorat dalam melakukan pengawasan dan yang kedua adalah kultur, yaitu tingkah laku dan sikap aparatur Inspektorat dalam melakukan pengawasan yang sesuai dengan rencana dan sesuai dengan aturan yang ada. Disarankan untuk Inspektorat dapat terus menjaga keefektifitasannya dan meningkatkan lagi agar dapat melaksanakan pengawasan lebih baik lagi. Serta Inspektorat dapat mengajukan rancangan perundangundangan yang dapat menjadikannya lebih aktif lagi dalam pengawasan terhadap dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

English Abstract

In this paper, the authors raised the issue of supervision of the Inspectorate of the School Operational Funds. The choice of theme background School Operational Funds which aims to provide free education for poor students and for other students ease so that they acquire basic education services of better quality to finish in order compulsory nine years. The district Pamekasan still a lot of children who do not attend school or get an education that name. This is due to many things that make them an education. One is the high cost of education that can not be reached by the public. Based on the above, this paper raised the formulation of the problem: (1) How supervision is carried out by the Inspectorate Pamekasan the School Operational Funds in Pamekasan? (2) What are the barriers experienced by the Inspectorate in monitoring the implementation of School Operational Funds in Pamekasan? (3) How does the effort or strategy undertaken by the Inspectorate Pamekasan in solving problems that occur in supervision in School Operational Funds in Pamekasan? This paper uses empirical juridical methods and sociological juridical approach. Location of this paper is in Pamekasan, especially in Inspektorat Pamekasan. Primary legal materials, secondary, and tertiary obtained by the authors will be analyzed using descriptive analysis techniques of analysis is a method of analysis of legal materials by exposing the data obtained from field observations and literature study then analyzed and interpreted to give a conclusion. From the results of research with the above method, the Inspectorate in monitoring using 3 (three) phases, namely audits, surveys, and reviews. Of the three stages of proficiency level, the Inspectorate experienced many problems. One is the lack of skill of administrative staff in the school. To overcome these problems, the Inspectorate may hold technical guidance or workshops (training) to improve the skills of administrative staff in schools. In addition, it can be concluded that the implementation of the supervision of the Inspectorate of the School Operational Fund work effectively because there are contributing factors that can minimize disincentives Inspectorate supervision. The supporters of the first factor is a substance that contains rules Inspectorate in monitoring and the second is the culture, the behavior and attitude of the Inspectorate in monitoring apparatus in accordance with the plans and in accordance with existing rules. Inspectorate be advised to continue to maintain their effectiveness and increase again in order to implement better oversight. As well as the Inspectorate may submit draft legislation to make it more actively in the supervision of school operational Funds.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/85/051402266
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Apr 2014 11:07
Last Modified: 26 Apr 2022 05:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112095
[thumbnail of Skripsi_.pdf]
Preview
Text
Skripsi_.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item