Kebijakan Formulatif Konsep Restorative Justice Dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak

Novilia, Febby Nevy (2014) Kebijakan Formulatif Konsep Restorative Justice Dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Kebijakan Formulatif Konsep Restorative Justice dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya pelaksanaan konsep restorative justice melalui diversi dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 yang belum mencerminkan sepenuhnya tujuan peradilan pidana anak dengan keadilan restoratif (restorative justice). Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : 1) Bagaimana kebijakan formulatif konsep restorative justice dalam Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak? 2) Apakah konsep restorative justice bagi Anak yang berhadapan dengan hukum sesuai dengan konsep Perlindungan Hukum? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan perbandingan. Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interpretasi hukum, yaitu interpretasi gramatikal, interpretasi logis dan interpretasi komparatif, yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang menjadi obyek kajian. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa Pelaksanaan konsep restorative justice melalui diversi dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dilaksanakan pada semua proses dan tahapan Sistem Peradilan Pidana yang saling terkait dan merupakan satu kesatuan yaitu mulai dari tingkat Penyidikan, Penuntutan, Persidangan hingga di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Pelaksanaan konsep restorative justice melalui diversi ini masih belum memberikan dukungan terhadap proses perlindungan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum. Hal ini dikarenakan prinsip utama (ideal) dari diversi dan restorative justice adalah menghindarkan pelaku tindak pidana dari sistem peradilan pidana formal dan memberikan kesempatan pelaku menjalankan sanksi alternatif tanpa pidana penjara belum terpenuhi sepenuhnya. Pelaksanaan konsep restorative justice melalui Diversi di New Zealand dapat menjadi gambaran keberhasilan penerapan fungsi aparat penegak hukum dalam menangani masalah anak yang terlibat kasus pidana.

English Abstract

In this thesis, the author raised the problems of Formulatif Policy Concept of Restorative Justice in Law Number 11 Year 2012 about the Juvenile Justice System. The theme of the event will choice by the implementation of the concept of restorative justice through diversion in law number 11 year 2012 has yet to reflect fully the purpose of juvenile justice with restorative justice. Based on the above, this paper raises issues of formulation: 1) How formulatif policy concept of restorative justice in law number 11 year 2012 about the juvenile justice system? 2) Does the concept of restorative justice for children who are dealing with the law in accordance with the concept of legal protection? Then the writing of this paper uses the methods of juridical normative approach to statute approach and comparative approach. The primary legal materials, secondary, tertiary and earned the author will be analyzed using the analysis technique of interpretation of law, i.e. grammatical interpretation, logical interpretation and comparative interpretation, which made reference in resolving legal issues that become the objects of study. Of research results with the method above, the author answers to existing problems that the implementation of the concept of restorative justice through diversion in law number 11 year 2012 about the juvenile justice system was implemented on all child processes and stages of the criminal justice system are interlinked and is a single entity that is started from the level of investigation, prosecution, Trial and handed in a childrens Coaching Institutes. The implementation of the concept of restorative justice through this diversion is still not providing support to the process of protection of children who are dealing with the law. This is because the main principle (ideal) of diversion and restorative justice was the perpetrator of crime raises from the formal criminal justice system and provides the opportunity for alternative sanctions runs perpetrators without imprisonment has not fulfilled completely. The implementation of the concept of restorative justice through Diversion in New Zealand can be a picture of the success of the implementation of the functions of law enforcement agencies in dealing with the problems of children involved in the criminal case.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/56/051402085
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Mar 2014 09:06
Last Modified: 26 Apr 2022 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112063
[thumbnail of 1.pdf]
Preview
Text
1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2.pdf]
Preview
Text
2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3.pdf]
Preview
Text
3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6.pdf]
Preview
Text
6.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item