Perlindungan Hukum Atas Hak Cipta Atas Karya Seni Lagu Terhadap Penyiaran Lagu Melalui Radio Internet Dikaitkan Dengan Hak Ekonomi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta”,

Putra, Candra Widitya Wahyu (2014) Perlindungan Hukum Atas Hak Cipta Atas Karya Seni Lagu Terhadap Penyiaran Lagu Melalui Radio Internet Dikaitkan Dengan Hak Ekonomi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta”,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi digital dari hari ke hari semakin maju. Hal ini diawali dengan munculnya sebuah perangkat yang di kenal dengan nama komputer. Perkembangan komputer makin meningkat dengan adanya layanan internet, dimana setiap orang dapat mendapatkan informasi, data-data, program, maupun kebutuhan lainnya sesuai dengan kebutuhan setiap orang masing-masing. Dengan adanya teknologi internet ini maka muncullah situs audio streaming yaitu Radio Internet, dulunya kita hanya mengenal Radio Tradisional namun dengan adanya layanan internet maka banyak bermunculan Radio Internet yang menyebar di seluruh dunia. Akan tetapi dengan munculnya Radio Internet maka setiap orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi serta mendengarkan lagu-lagu yang juga termasuk dalam kategori karya cipta yang dilindungi. Dapat dikatakan bahwa, dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat membawa dampak positif dalam hal memperoleh informasi, akan tetapi tidak hanya dampak positif yang ditimbulkan namun juga terdapat dampak negatif, yakni dapat mempermudah tindakan pelanggaran hukum. Salah satunya ialah tindakan pelanggaran hak cipta dalam hal mengumumkan dan memperbanyak yang terkait dengan hak ekonomi yang tekandung di dalam sebuah karya cipta dalam hal ini adalah lagu yang di putar oleh Radio Internet terkait. Hak Cipta di Indonesia telah diatur dalam aturan Undang-Undang Nomro 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, namun di dalam aturan tersebut tidak mengatur bagaimana perlindungan yang berikan bagi penyedia jasa online atas adanya pelanggaran yang disebabkan oleh penggunanya. Di dalam beberapa situs Radio Internet yang terdapat di beberapa negara luar antara lain negara Inggris dan Amerika serikat mengatur tentang hak cipta bagi para penggunanya, yang dituangkan dalam situs Radio Internet mereka dan dapat dilihat dalam syarat dan ketentuan yang terdapat di dalam situs Radio Internet tersebut. Aturan hukum hak cipta tersebut mangadaptasi dari aturan hukum hak cipta Amerika yaitu : Digital Millennium Copy Right Act (DMCA). Namun Radio Internet di Negara Indonesia tidak mencantumkan syarat dan ketentuan yang menjelaskan tentang perlindungan hak cipta yang terkandung dalam konten atau materi yang terdapat dalam situs Radio Internet tersebut. Dalam aturan Radio Internet yang terdapat di Negara Inggris dan Amerika Serika menyatakan apabila terdapat pelanggaran hak cipta di dalam situsnya dapat dilakukan dengan jalur perdamaian, akan tetapi apabila para pihak inggin menyelesaikan sengketa melalui jalan pengadilan maka para pihak harus menyelesaikan sengketannya di Pengadilan Distrik Federal yang terdapat di wilayah tersebut dan menggunakan aturan Digital Millenium Copy Right Act. Menurut Undang-undang Hak Cipta penyelesaian sengketa yang terjadi atas pelanggaran karya cipta dapat ditempuh dengan 2 cara, yakni melalui jalur litigasi/ pengadilan dan jalur alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan (arbitrase) atau dengan mekanisme alternatif penyelesaian sengketa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/393/051601106
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Mar 2016 11:28
Last Modified: 26 Apr 2022 01:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112040
[thumbnail of cover_+_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
cover_+_daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lembar_persetujuan.pdf]
Preview
Text
lembar_persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_FIX.pdf]
Preview
Text
Skripsi_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item