Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung Terkait Dengan Pengawasan Terhadap Pembangunan Perumahan Di Kota Malang (Studi Di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan D

Riezky R, - (2014) Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung Terkait Dengan Pengawasan Terhadap Pembangunan Perumahan Di Kota Malang (Studi Di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi yang penulis bahas adalah permasalahan tentang Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung Terkait Dengan Pengawasan Terhadap Pembangunan Perumahan Di Kota Malang (Studi Di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Pengawasan Bangunan Kota Malang), yang dilatar belakangi banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat terhadap pembangunan perumahan. Pembangunan perumahan menunjukkan indikasi tidak seluruhnya sesuai dengan peraturan daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung. Pemerintah sebenarnya telah mengantisipasi hal tersebut dengan menetapkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis: 1) Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung Terkait Dengan Pengawasan Terhadap Pembangunan Perumahan Di Kota Malang, 2) Hambatan yang dihadapi oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan Kota Malang dalam Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung terkait Pengawasan Pembangunan Perumahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis Sosiologis. Penentuan sampel dilakukan berdasarkan purposive sampling dengan melibatkan sampel yang terdiri dari Kepala Bidang Penataan dan Pengawasan Bangunan dan Masyarakat pemilik bangunan rumah di daerah perumahan Kecamatan Lowokwaru Kelurahan Tlogomas Kota Malang (lima orang). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Deskriptif dengan menggambarkan pengawasan perumahan yang ada di Kota Malang sehingga bisa diketahui bagaimana prakteknya dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pengawasan bangunan gedung dan perumahan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 dilaksanakan melalui rangkaian tindakan pemantauan, evaluasi, dan penertiban. 2) Hambatan yang dihadapi dalam Implementasi Pengawasan bangunan gedung dan perumahan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 mencakup minimnya Sumber Daya Manusia (petugas inspeksi lapangan) dan rendahnya pengetahuan serta kesadaran masyarakat. Dalam hal ini upaya yang dilakukan adalah intensifikasi pengawasan dan secara berkala melakukan penambahan Sumber Daya Manusia (petugas inspeksi lapangan) serta upaya sosialisasi, pembinaan dan kerjasama mutual antara dinas terkait dan unsur masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/39/051402034
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2014 07:51
Last Modified: 26 Apr 2022 01:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112036
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item