Widjaya, Indra (2014) Upaya Dinas Perhubungan Terhadap Penertiban Becak Motor Di Kota Malang (Studi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di Kota Malang, Keberadaan Becak Motor Semakin Banyak. Dan Sebagai Moda Transportasi, Banyak Orang Menggunakannya. Keberadaan Becak Motor Di Kota Malang Sendiri Belum Ada Larangan, Sehingga Mereka Bisa Beroperasi Di Mana Saja. Baik Itu Di Jalan-Jalan Protokol, Maupun Jalanan Kampung. Hal Tersebut Mendorong Peneliti Untuk Melakukan Penelitian Serta Menuangkannya Dalam Bentuk Skripsi Yang Berjudul “Upaya Dinas Perhubungan Terhadap Penertiban Becak Motor Di Kota Malang (Studi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor)”. Metode Pendekatan Yang Dipakai Adalah Yuridis Sosiologis. Pendekatan Yuridis Sosiologis Ini Mengkaji Permasalahan Dari Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku, Dalam Hal Ini Penerapan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor Terhadap Penertiban Becak Motor Di Kota Malang Dikaitkan Dengan Realita Yang Ada. Hasil Dari Penelitian Ini Diketahui Upaya Dinas Perhubungan Terhadap Penertiban Becak Motor Di Kota Malang Terkait Penerapan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor Yaitu Adanya Upaya Preservatif. Bisa Dilihat Dari Prioritas Pengaturan Keberadaan Becak Dan Becak Motor Yang Mendapatkan Izin Dari Walikota Bagi Becak Dan Becak Motor Yang Beroperasi Menuju Ke Tempat-Tempat Wisata Dalam Wilayah Kota Malang Dan Jalur-Jalur Tertentu Seperti Pasar Dikarenakan Untuk Menghindari Terjadinya Kemacetan Dan Penataan Lalu Lintas Di Kota Malang. Mencegah Pelanggaran Becak Motor Dalam Perlindungan Hukum Preventif, Yaitu Pengaturan Beroperasinnya Becak Dan Becak Motor, Terutama Untuk Becak Motor Hanya Diperbolehkan Beroperasi Menuju Ke Tempat-Tempat Wisata Dalam Wilayah Kota Malang Dan Jalur-Jalur Tertentu Seperti Pasar. Perlindungan Represif Yang Dilakukan Oleh Kepolisian, Yaitu Adanya Sanksi Dan Dianggap Sebagai Sebuah Pelanggaran Oleh Polisi, Sehingga Pengemudi Becak Motor Yang Beroperasi Di Daerah Mitra Plaza Bisa Ditangkap Karena Dianggap Melakukan Pelanggaran. Kendala Yang Dihadapi Oleh Dinas Perhubungan Kota Malang Terkait Upaya Penertiban Becak Motor Di Kota Malang Dalam Melaksanakan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor Adalah Belum Adanya Aturan Resmi Baik Berupa Peraturan Daerah Maupun Peraturan Walikota Tentang Keberadaan Becak Motor. Ditinjau Dari Sisi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor, Tidak Ada Satu Pasal Pun Yang Mengatur Keberadaan Becak Motor, Sehingga Selama Ini Upaya Yang Dilakukan Oleh Dinas Perhubungan Kota Malang Dan Forum Lalu Lintas Kota Malang Hanyalah Sebatas Inisiatif Daerah Dengan Melihat Keberadaan Becak Motor.
English Abstract
In Malang, Where More And More Becak Motor. And As A Mode Of Transportation, Many People Use It. The Presence Of Becak Motor In Malang Itself Has No Restrictions, So That They Can Operate Anywhere. Whether Its On The Main Streets, And The Small Streets. It Encourages Me To Do The Research And Put It In The Form Of Thesis Entitled " Upaya Dinas Perhubungan Terhadap Penertiban Becak Motor Di Kota Malang (Studi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor)". The Method Used Is The Juridical Sociological. It Examines The Socio-Juridical Approach To The Problems Of The Legislation In Force, In This Case, Application Of The Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor Terhadap Penertiban Becak Motor Di Kota Malang Associated With The Existing Reality. The Results Of This Research Effort Known Pedicab Transportation Department Of Motor Control In Malang Related To The Implementation Of The Regional Regulation No. 5 Of 2011 On The Implementation Of The Road Transport People With Motor Vehicle That Is The Effort Preservative. Priority Setting Can Be Seen From The Presence Of Becak Motor And Pedicabs To Get Permission From The Mayor For Becak And Becak Motor Operating Toward Tourist Attractions In The City Of Malang And Specific Pathways Such As The Market Due To Avoid The Occurrence Of Congestion And Traffic Arrangements In Malang City. Prevent Violations Of Becak Motor In Preventive Legal Protection. Becak Motors Are Only Allowed To Operate Leading To Tourist Spots In The City Of Malang And Specific Pathways Such As Markets. Protection Repressive Conducted By The Police, Namely The Existence Of Sanctions And Is Regarded As An Offense By The Police, So The Motorized Rickshaw Driver Who Operates In The Area Mitra Plaza Could Be Arrested For Breaking The Rule. Constraints Faced By The Department Of Transportation Malang Related Enforcement Efforts Becak Motor In The City Of Malang In Malang Implement The Regional Regulation No. 5 Of 2011 On The Implementation Of The Road Transport People With Motor Vehicles Is The Absence Of Formal Rules In The Form Of Local Regulation Or Regulation Mayor Of The Existence Of A Rickshaw Motors. Viewed From The Side Malang Regional Regulation No. 5 Of 2011 On The Implementation Of The Road Transport People With Motor Vehicle, Not A Single Article That Regulates The Presence Of Becak Motor, So Far The Efforts Made By The Department Of Transportation And The City Of Malang Malang Traffic Forum Merely The Extent Of Regional Initiatives To See Where The Becak Motor Is.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2014/383/051502507 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 14:16 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 01:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112029 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |