Studi Inventarisasi Dan Identifikasi Kain Tenun Ikat Khas Kediri Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Hak Cipta. (Studi Di Sentra Kerajinan Kain Tenun Ikat Bandar Kediri)

Wiratama, NendraArdika (2014) Studi Inventarisasi Dan Identifikasi Kain Tenun Ikat Khas Kediri Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Hak Cipta. (Studi Di Sentra Kerajinan Kain Tenun Ikat Bandar Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tentang Studi Inventarisasi dan Identifikasi Kain Tenun Ikat Khas Kediri Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Hak Cipta. Penulis memilih judul skripsi ini dilatarbelakangi oleh Tenun ikat khas Kediri ini termasuk salah satu hasil budaya Indonesia yang sudah dihasilkan secara turun-temurun yang harus dilindungi karena mempunyai nilai seni, baik pada ciptaan motif atau gambar maupun komposisi warnanya baik itu motif kreasi lama ataupun motif kreasi baru yang dihasilkan. Kain tenun ikat bisa dikategorikan masuk kedalam perlindungan mengenai ciptaan batik pada Undang-Undang Hak Cipta. Tetapi pada kenyataannya tenun ikat khas kediri ini belum mendapatkan perlindungan secara hukum. Inventarisasi dan identifikasi dari tenun ikat khas Kediri ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan perlindungan hukum hak cipta apalagi untuk motif kain tenun ikat khas Kediri berupa motif kreasi lama dan baru. Berdasarkan uraikan diatas, penulis mengangkat 2 rumusan masalah. Rumusan masalahnya antara lain adalah: (1) Apa hambatan-hambatan yang dihadapi oleh para pengrajin Tenun Ikat Kota Kediri dalam mengembangkan kreasi atau ciptaan yang dapat dilindungi oleh hak cipta? dan (2) Bagaimana peran Pemerintah Kota Kediri dalam upaya membina, melestarikan dan melindungi ciptaan Tenun Ikat Khas Kediri?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/377/ 051502050
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Mar 2015 09:57
Last Modified: 10 Mar 2015 09:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112023
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item