Optimalisasi Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung Dalam Melaksanakan Fungsinya Sebagai Pelayanan Publik Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

Selviana, Lia (2014) Optimalisasi Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung Dalam Melaksanakan Fungsinya Sebagai Pelayanan Publik Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat judul Optimalisasi Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung Dalam Melaksanakan Fungsinya Sebagai Pelayanan Publik Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 karena dilatar belakangi oleh hal-hal seperti standar pengadaan buku yang belum optimal sehingga perlu dioptimalkan agar pelayanan Perpustakaan Umum memenuhi standar pelayanan yang di tentukan oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik khususnya dalam Pasal 21 yang mengatur tentang standar pelayanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara optimal.Penulis mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimanakah optimalisasi Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik ditinjau dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009? (2) Apa saja hambatan yang dihadapi dan solusi yang ditawarkan terkait optimalisasi Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik ditinjau dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009?Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis yaitu Mendeskripsikan fakta-fakta dilapangan kemudian pemilihan relevan atau tidaknya data dengan penelitian.Berdasarkan hasil penelitian, dari layanan-layanan yang dimiliki oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung yang telah di jelaskan satu-persatu maka terlihat bahwa pelayanan yang dilakukan oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung belum optimal seperti yang telah diatur dalam SOP Pelayanan Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung. Hambatan yang terjadi dalam mengoptimalisasikan pelayanan di Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung terdiri dari hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal berasal dari dalam lembaga perpustakaan sendiri sedangkan hambatan eksternal berasal dari luar lembaga perpustakaan yang dalam hal ini berasal dari masyarakat. Solusi yang dilakukan telah dilakukan lembaga perpustakaan guna mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelayanan perpustakaan umum yaitu memberikan pendidikan dan pelatihan pada pegawai perpustakaan, memperbaiki teknologi yang ada di perpustakaan, serta melengkapi buku-buku koleksi perpustakaan. Dari masalah tersebut maka saran yang penulis berikan yaitu membuat jaminan pelayanan yang memberikan kepastian pelayanan dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan yaitu dengan membuat tata tertib, kode etik atau slogan sebagai janji dalam penyelenggaraan pelayanan berbasis standar pelayanan serta mencantumkan nama/judul tata tertib, kode etik atau slogan sebagai janji dalam format standar pelayanan, dan secara nyata juga harus dilaksanakan karena hal tersebut merupakan komponen standart pelayanan publik yang harus dimiliki agar pelaksanaan pelayanan dapat optimal memberikan kepuasan pada pengguna layanan.

English Abstract

In this minor thesis authors raised the title Optimizing Public Library Tulungagung In Implementing Functions As Seen From the Public Service Act No. 25 of 2009 because the background by things like standard procurement of books that have not been optimized so that needs to be optimized in order that public library services to meet the standards of service is determined by the Law of the Republic of Indonesia Number 25 of 2009 on Public Service in particular in Article 21 which regulates the standard of service that can meet peoples needs optimally . Author raised the formulation of the problem : ( 1) How to optimize Public Library Tulungagung in carrying out public service functions in terms of Act No. 25 of 2009 ? ( 2) What are the obstacles faced and the solutions offered related optimization Public Library Tulungagung in carrying out public service functions in terms of Act No. 25 of 2009 ?.the minor thesis uses the method juridical empirical sociological juridical approach . Data were analyzed using descriptive analysis techniques that describe the facts relevant to the field and then selecting whether or not the data in the study . Based on the result of the services that are owned by the Public Library Tulungagung already described one by one it is seen that the services performed by the Public Library of Tulungagung not optimal as set out in the Public Library Service SOP Tulungagung . Barriers that occur in optimizing service in Tulungagung Public Library consists of internal and external obstacles . Internal barriers come from within the institution s own library while external barriers come from outside the institution library in this case comes from the community . Solutions that done has been done in order to overcome obstacles library institutions that occur in public library service that provides education and training to the employees of the library , improve existing technology in the library , as well as complete books library collection . Of these problems , the authors provide suggestions that make warranty service providing service assurance carried out in accordance with the standard of service is to make the regulations, codes of conduct or slogan as the promise of standards -based service delivery of service and include the name / title of the regulations, codes of conduct

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/376/051501902
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 04 Mar 2015 13:53
Last Modified: 26 Apr 2022 00:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112022
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_new.pdf]
Preview
Text
COVER_new.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item