Tanggung Jawab Pengangkut Terhadap Kerugian Konsumen Akibat Hilangnya Dokumen (Studi Tentang Pelaksanaan Pasal 4 Huruf H Uu No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Di Jne Agen Jagalan Kota Mala

Mahda (2014) Tanggung Jawab Pengangkut Terhadap Kerugian Konsumen Akibat Hilangnya Dokumen (Studi Tentang Pelaksanaan Pasal 4 Huruf H Uu No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Di Jne Agen Jagalan Kota Mala. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Tanggung Jawab Pengangkut terhadap Kerugian Konsumen Akibat Hilangnya Dokumen. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya pengguna jasa angkutan pengiriman barang PT.JNE di Kota Malang, serta adanya beberapa kasus dalam jasa angkutan pengiriman barang yang merugikan konsumen. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Apa bentuk tanggung jawab pengangkut JNE agen Jagalan Kota Malang terhadap kerugian konsumen akibat kehilangan dokumen berdasarkan pasal 4 huruf h UU no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen? (2) upaya apa yang dilakukan JNE agen Jagalan Kota Malang sebagai pengangkut dalam memenuhi hak konsumen ? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Bahan hukum primer dan sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif analitis yaitu dengan menggabungkan semua data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan serta segala informasi yang diperoleh dari informan serta literatur-literatur yang ada, kemudian dilakukan analisis berdasarkan penafsiran-penafsiran yuridis guna menjawab permasalahan yang ada. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa bentuk pertanggungjawaban pihak PT.JNE agen Jagalan Kota Malang akibat kehilangan dokumen oleh konsumen pengguna jasa pengangkutan yaitu berupa 10 kali biaya pengiriman barang. Dikarenakan dokumen sulit dinilai secara ekonomi maka PT.JNE membuat suatu sistem dalam proses penggantian dokumen yang tidak diasuransikan yaitu sama halnya dengan barang lain yaitu 10x biaya kirim guna mempermudah pihak pengangkut yaitu PT.JNE. Namun berbeda jika dokumen tersebut diasuransikan, untuk dokumen yang diasuransikan pengirim harus membayar biaya asuransi dan memberikan copy dokumen terkait. Terdapat biaya penanggungan khusus bagi dokumen yang diasuransikan. Adapun upaya yang dilakukan PT.JNE agen Jagalan jika konsumen meminta ganti rugi atas kerugian yang dideritanya yaitu dengan musyawarah. Proses ini diawali dengan pengajuan tuntutan ganti rugi disertai bukti yang dilakukan pengirim kepada PT.JNE agen Jagalan Kota Malang, kemudian PT.JNE agen Jagalan akan menawarkan penyelesaian masalah melalui musyawarah kepada pengirim, jika pengirim sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui musyawarah, maka PT.JNE agen Jagalan Kota Malang akan memeriksa tuntutan ganti rugi tersebut, yang nantinya jika memang benar terbukti PT.JNE agen Jagalan Kota Malang yang melakukan kesalahan atau kelalaian dalam penyelenggaraan pengangkutan dokumen, maka pihak PT.JNE agen Jagalan Kota Malang akan mengajak pihak pengirim untuk mengadakan musyawarah dengan bernegosiasi tentang jumlah ganti rugi yang diberikan. Musyawarah ini dilakukan pihak PT.JNE agen Jagalan Kota Malang karena perusahaan menganggap penyelesaian tuntutan ganti rugi dengn jalur musyawarah lebih mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

English Abstract

In this thesis, the author raised the issue of Carrier Liability toward Consumer Losses of Documents. The theme was chosen because there were many users of PT.JNE freight transport services in the city of Malang, and the occurence of several cases in the freight transport services that caused the consumer losses. Based on the background above, this thesis raised the formulation of problem: ( 1 ) What is responsibility of the JNE agent of Jagalan, Malang toward consumer losses of documents in accordance with the article 4 letter h Act no. 8 1999 on consumer protection? ( 2 ) what efforts held by the JNE agent of Jagalan, Malang as the carrier in meeting the consumer rights? Then the writing of this thesis used empirical juridical method with sociological juridical approach . Primary and secondary legal materials obtained by the author will be analyzed using analytical descriptive technique by combining all the data obtained from the results of the field research as well as any information obtained from some informants and the available literature. Then, analysis was conducted based on judicial interpretations to respond to the existing problems. From the results of research with the above method, the author has obtained answers to the existing problems that the form of liability by PT.JNE agent of Jagalan Malang on the loss of consumer documents by the transportation services was 10 times of the goods shipping cost. Since the document was difficult to assess its economic value, PT.JNE created a replacing system of uninsured document that was same as the other goods by 10x of the shipping cost to make it easier for PT.JNE . But the case would be different if the document was insured. The sender must pay the cost of insurance and provide a copy of the relevant documents. There was a special fee for the insured document. The efforts of PT.JNE agent of Jagalan, Malang in the case of consumer asks for compensation over losses suffered was by conducting a consensus. This process was begun with the filing of compensation claims with invoice of sender to PT.JNE agent of Jagalan Malang. Then PT.JNE agen of Jagalan will offer a problem resolution by consensus to the sender, if the sender agree to resolve the problem through the consensus, then PT. JNE agent of Jagalan Malang will examine the compensation claim, by which if it was proven as the fault of PT.JNE agent of Jagalan Malang in the administration of the document transportation, then the PT.JNE agent of Jagalan Malang will invite the sender to hold a consultation to negotiate the amount of compensation given. The consultation was conducted by PT.JNE because the company assumed that settling compensation claims in deliberation was easier and did not require a long time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/35/051401955
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Mar 2014 15:20
Last Modified: 25 Apr 2022 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111993
[thumbnail of SKRIPSI_MAHDA_105010107111075.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_MAHDA_105010107111075.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item