Kajian Yuridis Normatif Terhadap Pengemudi Kendaraan Becak Bermotor Menurut Pasal 47 Junctis Pasal 77 Dan Pasal 281 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Mutok, Nizul (2014) Kajian Yuridis Normatif Terhadap Pengemudi Kendaraan Becak Bermotor Menurut Pasal 47 Junctis Pasal 77 Dan Pasal 281 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompleksitas kehidupan manusia sehari–hari, tidak terlepas dari alat transportasi. Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dan strategis dalam mempelancar perekonomian, memperkukuh persatuan bangsa dan kesatuan serta mempengaruhi aspek kehidupan bangsa dan negara. [1] Semakin bertambahnya penduduk dan semakin berkembangnya ekonomi di negara-negara berkembang seperti Indonesia menuntut masyarakat untuk mempunyai mobilitas yang tinggi agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk dapat bermobilitas yang tinggi masyarakat tentunya memerlukan alat atau sarana transportasi, selain itu saat ini alat transportasi yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah transportasi darat, yaitu alat transportasi pribadi maupun transportasi umum. Dalam UUD 1945 pasal 34 ayat 3 menyebutkan bahwa “Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak”. Dari pasal tersebut dapat diartikan bahwa pemerintah merupakan pihak yang dituntut menyediakan fasilitas transportasi yang layak bagi warga negaranya. Ditengah berkembangnya transportasi darat di jalan raya, masyarakat berhak memilih menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan angkutan umum sebagai alat transportasi dalam kegiatan sehari-harinya. Saat ini kita tahu bahwa fakta yang ada di masyarakat, banyak yang memilih menggunakan kendaraan pribadi dalam kegiatan sehari–harinya, walaupun begitu kita juga dapat menemui bahwa kendaraan angkutan umum juga banyak diminati oleh sekelompok orang sebagai alat transportasi di kegiatan sehari-harinya khususnya masyarakat yang tempat kerja atau tempat menuntut ilmunya berada di lain kota dari tempat tinggalnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/341/051408389
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 Jan 2015 10:12
Last Modified: 25 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111985
[thumbnail of SKRIPSI_-_NIZUL_MUTOK.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_NIZUL_MUTOK.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item