Implementasi Pasal 23 Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 06 Tahun 2011 Tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan Berkaitan Dengan Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tuban (Studi Di Din

Satria, PutraIndra (2014) Implementasi Pasal 23 Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 06 Tahun 2011 Tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan Berkaitan Dengan Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tuban (Studi Di Din. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Implementasi Pasal 23 Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 06 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah Berkaitan Dengan Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Hal ini dilatar belakangi dengan pemungutan dan sanksi administrasi terhadap wajib retribusi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah serta hambatan yang di hadapi dalam implementasi sanksi administrasi retribusi izin mendirikan bangunan dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari para pejabat dan petugas yang secara langsung menangani implementasi retribusi izin mendirikan bangunan di Kabupaten Tuban dan data sekunder yang diperoleh dari bahan kepustakaan yang berkaitan dengan judul skripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan/observasi, wawancara/interview dan kepustakaan. Setelah data terkumpul selanjutnya di analisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi retribusi izin mendirikan bangunan di Kabupaten Tuban merupakan wewenang dan tanggung jawab Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tuban di bantu Dinas Pekerjaan Umum dan Unit Pelayanan Terpadu Kabupaten Tuban. Dalam hal wajib retribusi tidak membayar tepat pada waktunya atau kurang membayar di kenakan sanksi administrasi berupa bunga sebesar 2% setiap bulannya dari jumlah retribusi yang terhutang atau kurang bayar, di tagih menggunakan Surat Tagihan Retribusi Daerah. Implementasi retribusi IMB pada tiga tahun terakhir berjalan kurang baik dengan penurunan penerimaan, ini bisa dianalisis lebih lanjut, bahwa penurunan penerimaan disebabkan tidak stabilnya sektor Industri setiap tahunnya. Hal ini bisa digantikan dengan potensi sektor Retribusi IMB Pemukiman yang belum terpungut, dengan cara mengoptimalkan pemungutan dan sanksi administrasi di sektor Pemukiman supaya penerimaan Retribusi IMB semakin baik dan bisa menutupi penerimaan di sektor industri. Hambatan yang dihadapi dalam implementasi sanksi administrasi retribusi IMB Kabupaten Tuban antara lain kurangnya kesadaran wajib retribusi dalam membayar retribusi IMB, petugas kurang tegas dalam menerapkan sanksi pada wajib retribusi. Upaya yang dilakukan dengan cara menumbuhkan kesadaran wajib retribusi dengan cara sosialisasi, papan himbauan, berbagai media cetak dan juga mengupayakan peningkatan kompetensi SDM aparatur, melakukan pengawasan di lapangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/337/051408224
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Dec 2014 10:21
Last Modified: 25 Apr 2022 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111980
[thumbnail of BAB_III_MetPen.pdf]
Preview
Text
BAB_III_MetPen.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
BAB_I_Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_Kajian_Pustaka.pdf]
Preview
Text
BAB_II_Kajian_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_Hasil_dan_pembahasan.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_Hasil_dan_pembahasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_Penutup.pdf]
Preview
Text
BAB_V_Penutup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SURAT_PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
SURAT_PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item