Penerapan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Pelanguaran Oleh Pelaku Usaha Makanan Ringan (Studi Di Dinas Kesehatan Dan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan

Kamarlis, Annisa Widyaningtyas (2014) Penerapan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Pelanguaran Oleh Pelaku Usaha Makanan Ringan (Studi Di Dinas Kesehatan Dan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi Ini, Penulis Mengangkat Permasalahan Penerapan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Uupk) Terkait Pelanggaran Pelaku Usaha Makanan Ringan. Pilihan Tema Tersebut Dilatarbelakangi Oleh Banyaknya Produsen Makanan Jajanan Dalam Kemasan Di Kota Malang Yang Belum Mencantumkan Tanggal Kadaluarsa Dalam Produknya Sehingga Dapat Membahayakan Konsumen Yang Tidak Tahu. Dalam Pra Survey, Peneliti Menemukan Adanya Produk Makanan Dalam Kemasan Yang Tidak Memasang Label Atau Membuat Penjelasan Barang Yang Memuat Nama Barang, Ukuran, Beratlisi Bersih Atau Netto, Komposisi, Aturan Pakai, Tanggal Pembuatan, Akibat Sampingan, Nama Dan Alamat Pelaku Usaha Serta Keterangan Lain Untuk Penggunaan Yang Menurut Ketentuan Harus Dipasangidibuat. Padahal Sanksi Atas Ketentuan Tersebut Secara Tegas Diatur Dalam Pasal 62 Uupk. Berdasarkan Hal Tersebut Di Atas, Karya Tulis Ini Mengangkat Rumusan Masalah: (1) Bagaimana Penerapan Pasal 62 Uupk Terkait Pelanggaran Pelaku Usaha Makanan Ringan? (2) Apa Raja Hambatan Dinas Kesehatan Dan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Terhadap Produsen Makanan Yang Terbukti Melanggar? Kemudian Penulisan Karya Tulis Ini Menggunakan Metode Yuridis Sosiologis Dengan Metode Pendekatan Perundang-Undangan Dan Pendekatan Ka.Sus. Penulis Menggunakan Teknik Analisis Deskriptif Anatitis Dengan Menentukan Isi Atau Makna Aturan Hukum Dari Uupk, Yang Dijadikan Rujukan Dalam Menyelesaikan Permasalahan Hukurn Yang Menjadi Obyek Kajian. Dari Hasil Penelitian Dengan Metode Di Atas, Penulis Memperoleh Jawaban Atas Permasalahan Yang Ada Bahwa (1) Penerapan Dari Pasal 62 Uupk Terkait Pelanggaran Pelaku Usaha Makanan Ringan Belum Berjalan Dengan Baik Karena Hasil Temuan Disperindag Dan Dinkes Serta Peneliti Di Lapangan Cukup Banyak Produk Makanan Ringan Yang Terbukti Melanggar Ketentuan Uupk, Khususnya Pasal 8 Ayat (1) Huruf I Uupk. (2) Hambatan Yang Dialami Dinas Kesehatan Dan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Ada Dua. Intern, Tenaga Pengawas Obat Dan Makanan Sangat Minim. Ekstern, Sanksi Tidak Dapat Diterapkan Pada Produsen Makanan Ringan, Karena Masyarakat Belum Banyak Yang Mengetahui Adanya Uupk Sehingga Banya Dapat Memberi Sanksi Administratif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/313/051407858
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2014 09:42
Last Modified: 15 Nov 2021 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111955
[thumbnail of abstrak_58.pdf]
Preview
Text
abstrak_58.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_1.pdf]
Preview
Text
Bab_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2-3.pdf]
Preview
Text
BAB_2-3.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of bab_-4.pdf]
Preview
Text
bab_-4.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of bab_5.pdf]
Preview
Text
bab_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover-_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
Cover-_Daftar_Gambar.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Dafpus.pdf]
Preview
Text
Dafpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item