Tinjauan Yuridis Pembatalan Merek Dagang Terdaftar Terkait Prinsip Itikad Baik (Good Faith) Dalam Sistem Pendaftaran Merek (studi putusan nomor 356 K/Pdt.Sus-HaKI/2013)

Far-Far, Charles Yeremia (2014) Tinjauan Yuridis Pembatalan Merek Dagang Terdaftar Terkait Prinsip Itikad Baik (Good Faith) Dalam Sistem Pendaftaran Merek (studi putusan nomor 356 K/Pdt.Sus-HaKI/2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan pembatalan merek dagang terdaftar terkait prinsip itikad baik (good faith) dalam sistem pendaftaran merek. Pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh adanya gugatan pembatalan merek yang dilakukan oleh Krakatau Steel selaku pemilik merek dagang KS terhadap ke-7 merek dagang dari Perwira Adhitama Sejati. Keberatan Krakatau Steel atas pendaftaran ke-7 merek itu karena menilai adanya kesamaan pada pokoknya dengan mereknya. Krakatau Steel menuding pendaftaran merek yang dilakukan oleh Perwira Adhitama Sejati dilakukan dengan dasar itikad tidak baik. Lantaran itulah, Krakatau Steel meminta pengadilan membatalkan pendafataran ke-7 merek tersebut. Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana keterkaitan prinsip itikad baik (good faith) pada pembatalan merek terdaftar dalam sistem pendaftaran merek menurutUndang-Undang Merek 2001? (2) Bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam putusan nomor 356 K/Pdt.Sus-HaKI/2013 pada perkara pembatalan merek dagang terdaftar terkait prinsip itikad baik (good faith) dalam sistem pendaftaran merek? Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan ( statute approach ), dan pendekatan kasus ( case approach ) . Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis fakta-fakta hukum berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Hasil pengolahan sumber bahan hukum yang telah dianalisis kemudian dijabarkan secara sistematis. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawabanya itu bahwa keterkaitan prinsip itikad baik (good faith) pada pembatalan merek terdaftar adalah karena wujud perlindungan dari negara terhadap pendaftaran merek adalah merek tersebut hanya dapat didaftarkan atas dasar permintaan yang diajukan pemilik merek yang beritikad baik atau dikenal dengan prinsip Good Faith yang terdapat dalam Pasal 4 Undang-Undang Merek 2001. Dasar pertimbangan hakim terkait pendaftaran yang dilakukan oleh pihak Perwira Adhitama Sejati adalah terdapat persamaan pada pokoknya atas merek Krakatau Steel yang sudah terkenal yang mana hal itu merupakan perwujudan dari itikad tidak baik yang seharusnya tidak mendapatkan perlindungan hukum dan layak dibatalkan pendaftarannya karena perbuatan tersebut dikualifikasikan mengandung itikad tidak baik (bad faith) dan persaingan tidak sehat (unfair competition). Oleh Karena itu, sebaiknyaUndang-Undang Merek yang berlaku saat ini hendaknya juga diperbaharui dalam pengaturan mengenai itikad baik dan itikad tidak baik. Direktorat Merek khususnya pemeriksa merek sebaiknya lebih berhati-hati dan cermat dalam menerima pendaftaran merek serta sebaiknya pada tingkat pemeriksaan substantif dilakukan secara online terhadap kasus maupun pendaftaran merek sebagai upaya preventif yang bersifat pencegahan sehingga dapat meminimalisasi terjadinya sengketa-sengketa pelanggaran merek terkenal dan persamaan pada pokoknya.

English Abstract

In this thesis, the author raised the issues of cancellation of a registered trademark related principle of good faith in the system of registration of the trademark. The selection of the theme background by the lawsuit for cancellation of brands carried by Krakatau Steel as the trademark owner KS against the trademark of a Perwira AdhitamaSejati comprising KSPS, KSJS, KSTL, KSMS, KSJIS, KSL and LKS. Objection to registration of Krakatau Steel that 7 brand was due to assess the similarity in principle with its brand. The similarities were noticeable from the shape, how the placement, wording, a combination of elements or equations of sound utterances. Krakatau Steel pointed trademark registration by the Perwira Adhitama Sejati on the basis of bad faith. Because of that, Krakatau Steel asked the court to cancel the registration of the trademark. In addition, Krakatau Steel is also asking the court ordered the Director General intellectual property rights reject the registration application using KS elements. Therefore, this thesis attempt to analyze: (1) How it relates principle of good faith on the cancellation of a registered mark in the trademark registration system according to the Act Brand 2001? (2) How consideration of the basis of the judges verdict in 356 K/Pdt.Sus-HaKi/2013 on the cancellation of the case registered trademarks related principle of good faith in the trademark registration system? The results of this thesis show that although the government has enacted the principle of good faith, regulate the procedures for the registration of a trademark must be denied and cannot be registered as well as the legal protection of a registered trademark owners, but fact is still frequently found problems in brand inspection, its always a problem is the similarity in principle or a whole and the well-known brand. It is found in the registration carried out by Perwira Adhitama Sejati was in bad faith that should not get legal protection and viable aborted listing because the act contains a qualified bad faith and unfair competition. Therefore it, should the Law Trademark current should also be updated in the setting of good faith and bad faith. The provisions in the Civil Code and the doctrine developed can be incorporated to enrich the setting of good faith and bad faith. Trademark Directorate particular brand inspectors should be more cautious and careful in accepting registration of marks and should be at the level of the substantive examination of the case made ​​online in order to minimize the occurrence of infringement disputes and famous brand similarity in principle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/268/051406988
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 31 Oct 2014 09:08
Last Modified: 22 Apr 2022 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111901
[thumbnail of Kata_Pengantar_+_Daftar_Isi__19_September_.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar_+_Daftar_Isi__19_September_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI__Daftar_Pustaka__12_Agustus__.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI__Daftar_Pustaka__12_Agustus__.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI__Cover_.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI__Cover_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI__Full__10_September__.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI__Full__10_September__.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item