Hak-Hak Penyandang Disabilitas Dalam Bidang Sarana Pendidikan Berdasarkan Pasal 9 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Studi Pel

Habibi, RahmadSyafaat and Herlin Wijayati,, S.H.,M.H. and M.Dahlan,, S.H.,M.H. (2014) Hak-Hak Penyandang Disabilitas Dalam Bidang Sarana Pendidikan Berdasarkan Pasal 9 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Studi Pel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan terkait keadilan di dunia pendidikan khususnya aksesibilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya. Selama ini sarana penunjang proses belajar mengajar atau aksesibilitas dilingkungan kampus belum sepenuhnya menyentuh semua pihak, misalnya penyandang disabilitas yang tidak bisa mencapai ruang kelas, perpustakaan, gazebo, toilet dan sebagainya akibat dari kurangnya aksesibilitas yang ramah terhadap penyandang disabilitas. Berdasarkan hal tersebut diatas, penelitian pada skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1). Bagaimana pelaksanaan hak-hak dasar bagi penyandang disabilitas menurut Pasal 9 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) di Universitas Brawijaya Malang? (2). Apa kendala yang dihadapi oleh Universitas Brawijaya dalam pemenuhan hak-hak dasar penyandang disabilitas bidang sarana pendidikan agar sesuai dengan Pasal 9 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) dan bagaimana solusinya? Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis-empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Kemudian menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis dan akan dianalisis dengan menggunakan teknik interpretasi teleologis atau sosiologis dengan interpretasi yang berpandangan makna dari sebuah peraturan harus diimplementasikan dimasyarakat khususnya dalam hal ini mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pelaksanaan hak-hak dasar bagi penyandang disabilitas menurut Pasal 9 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) di Universitas Brawijaya Malang meliputi membangun aksesibilitas dilingkungan Universitas Brawijaya yang ramah terhadap penyandang disabilitas, menyediakan akomodasi bagi penyandang disabilitas, melakukan penelitian tentang isu-isu disabilitas dan meningkatkan sensitivitas civitas akademika Universitas Brawijaya terhadap isuisu disabilitas dan penyandang disabilitas.

English Abstract

On this thesis, writer brings the issues of justice in education, particularly on the confortable accessibility for persons with disabilities in Brawijaya University. Over time, facilities supporting the process of learning or accessibilities in campus area do not meet all parties, such as persons with disabilities who cannot go to classrooms, libraries, gazebo, toilets and other places comfortably as a result from lacking of comfortable accessibility for persons with disabilities. Based on the above, research formulations of problems on the thesis are: (1) How the implementation of the fundamental rights of persons with disabilities according to article 9 of the statute of the Republic of Indonesia number 19 in 2011 on the endorsement of Convention On The Rights Of Persons With Disabilities in Brawijaya University, Malang? (2) What are the obstacles before Brawijaya University to fulfill the rights of persons with disabilities in education facilities to comply article 9 of the statute of the Republic of Indonesia number 19 in 2011 on the endorsement of Convention On The Rights Of Persons With Disabilities in Brawijaya University, Malang?The thesis uses jurisdictionempirical method with jurisdiction sociological approach. Primary, secondary and tertiary legal materials are obtained and analyzed using teleology or sociology interpretations technique which stresses that one legal regulation should be implemented in society, in this case students with disabilities in Brawijaya University. Using the above method, answers are obtained over the problems that the implementation of rights of persons with disabilities to comply article 9 of the statute of the Republic of Indonesia number 19 in 2011 on the endorsement of Convention On The Rights Of Persons With Disabilities in Brawijaya University, Malang, includes building comfortable accessibilities in Brawijaya university for persons with disabilities, doing research on the issues on disabilities and increasing the sensitivity of scholars of Brawijaya University towards the issues on disabilities and persons with disabilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/237/051406133
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Sep 2014 10:42
Last Modified: 21 Apr 2022 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111866
[thumbnail of 051406133.pdf]
Preview
Text
051406133.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item