Hak Penerimaan Pensiun Terhadap Janda Lebih Dari Satu Orang Dari Perkawinan Yang Sah Tetapi Tidak Terdaftar Dalam Daftar Penerima Pensiun Menurut Undang – Undang Nomor 11 Tahun 1969

Romadhon, AliefPatama (2014) Hak Penerimaan Pensiun Terhadap Janda Lebih Dari Satu Orang Dari Perkawinan Yang Sah Tetapi Tidak Terdaftar Dalam Daftar Penerima Pensiun Menurut Undang – Undang Nomor 11 Tahun 1969. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai abdi negara diberikan tanda jasa atas pengabdianya selama bertahun – tahun yaitu pensiun, dalam pensiun terdapat istilah yang disebut manfaat pensiun yaitu pembayaran berkala yang dibayarkan kepada peserta pada saat dan cara yang ditetapkan dalam peraturan dana pensiun. Dalam pensiun terdapat beberapa kelompok pensiun, salah satunya pensiun PNS karena meninggal dunia (pensiun janda/ duda). Pensiun janda / duda dapat diberikan kepada janda – janda PNS tersebut dengan ketentuan menurut undang – undang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis yang dilakukan di PT.TASPEN (Persero) Cabang Malang. Pengambilan data primer dilakukan dengan teknik wawancara kepada responden dan berkas dosir klim pensiun. Setelah data terkumpul lengkap dan telah diolah selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Hak peneriaam Pensiun terhadap janda lebih dari satu orang dari perkawinan yang sah tetapi tidak terdaftar dalam daftar penerima Pensiun dapat dilakukan ketika setelah menikah tidak lebih dari dua tahun sudah didaftarkan tetapi jika tidak ada dalam daftar penerima pensiun maka dapat mengajukan protes melalui PT.TASPEN (Persero) dengan syarat – syarat yang telah ditentukan, karena fungsi utama dari PT.TASPEN (Persero) adalah sebagai kantor bayar sehingga keputusan hak penerimaan pensiun tergantung kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai lembaga yang menaungi semua Pegawai Negeri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/213/051405432
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Sep 2014 10:28
Last Modified: 21 Apr 2022 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111840
[thumbnail of 051405432.pdf]
Preview
Text
051405432.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item