Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyuwangi Dari Sektor Pajak Mineral Bukan Logam Dan Batuan (Studi Implementasi Pasal 51 Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 2 Tahun 2011 Tentang

Nurhasanah, Ita (2014) Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyuwangi Dari Sektor Pajak Mineral Bukan Logam Dan Batuan (Studi Implementasi Pasal 51 Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 2 Tahun 2011 Tentang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyuwangi dari sektor pajak mineral bukan logam dan batuan. Pilihan tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya penambang mineral bukan logam dan batuan yang tidak memiliki izin atau disebut dengan penambang liar atau illegal. Dengan tidak memiliki izin berarti mereka juga tidak membayar pajak dan tidak berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah kabupaten banyuwangi. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimanakah peningkatan pendapatan asli daerah kabupaten banyuwangi dari sektor pajak mineral bukan logam dan batuan? (2) Apa kendala yang dihadapi oleh Dinas Pendapatan Daerah serta solus yang ditawarkan untuk mengatasi kendala dalam hal meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyuwangi dari sektor pajak mineral bukan logam dan batuan? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan empiris. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di Kabupaten Banyuwangi dengan populasi Dinas Pendapatan dan sampel Kepala Bidang Pendataan Dan Penetapan, Kepala Bidang Penagihan, Pengendalian, dan Pelaporan,serta Kepala Seksi Pendataan. Data yang digunakan berupa data primer yang berasal dari hasil wawancara serta data sekunder yang berasal dari studi kepustakaan yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. xiii Dari hasil penelitian dengan metode di atas , penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, yaitu bahwa Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyuwangi 3 (tiga) tahun terakhir yaitu dari Tahun 2011 sampai Tahun 2013 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Akan tetapi masih terdapat permasalahan utama yang menghambat peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyuwangi dari sektor pajak mineral bukan logam dan batuan yaitu jumlah penambang liar yang tidak membayar pajak lebih banyak dari jumlah penambang yang berizin atau legal serta yang telah membayar pajak. melihat kenyataan ini dapat disimpulkan bahwa pasal 51 Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pajak Daerah tidak dapat di implementasikan dengan baik. Berbagai upaya telah dilakukan oleh dinas pendapatan yaitu, penertiban dan memberikan sanksi. akan tetap upaya tersebut belum efektif untuk mengatasi permasalahan akibat penambang liar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/209/051405428
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Sep 2014 14:19
Last Modified: 21 Apr 2022 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111835
[thumbnail of 051405428.PDF]
Preview
Other
051405428.PDF

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item