Kriteria Penerapan Alasan Subyektif Oleh Jaksa Penuntut Umum Dalam Melakukan Penahanan Di Tahap Penuntutan (Studi Di Kejaksaan Negeri Kota Malang)

Sriada, I Gde Ngurah Surya Adiputra (2014) Kriteria Penerapan Alasan Subyektif Oleh Jaksa Penuntut Umum Dalam Melakukan Penahanan Di Tahap Penuntutan (Studi Di Kejaksaan Negeri Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Kriteria Penerapan Alasan Subyektif Oleh Jaksa Penuntut Umum Dalam Melakukan Penahanan Di Tahap Penuntutan. Dalam hal ini dilatarbelakangi oleh Jaksa Penuntut Umum dalam menggunakan alasan subyektif untuk menentukan terdakwa / tersangka apakah patut ditahan atau tidak ditahan, dikarenakan pandangan dari jaksa yang sangat berbeda-beda pemikiran dalam hal penahanan terdakwa / tersangka ada yang ditahan dan ada juga yang tidak ditahan tergantung kondisi dan situasi Jaksa Penuntut Umum secara ekternal dan internal. Dalam upaya mengetahui kriteria penerapan alasan subyektif oleh Jaksa Penuntut Umum dalam melakukan penahanan di tahap penuntutan di Kejaksaan Negeri Malang, metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah berupa pendekatan yuridis sosiologis yaitu pendekatan penelitian yang dilakukan dengan tetap mengedepankan pembahasan yuridis yang berpedoman pada peraturan yang dijadikan dasar untuk menganalisa gejala-gejala yang timbul di masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memperoleh jawaban dari permasalahan yang ada dalam penelitian ini, bahwa Jaksa Penuntut Umum dalam mengatasi kendala tersebut, Kejaksaan Negeri Malang melakukan upaya baik yang berupa upaya preventif maupun upaya represif. Seperti perlunya melakukan koordinasi dengan Terdakwa, Pengadilan Negeri Malang dan Polres Kota Malang terkait dengan dilakukannya penahanan di tahap penuntutan sampai dengan terdakwa itu dikatakan tidak bersalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/20/051401938
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Mar 2014 13:00
Last Modified: 21 Apr 2022 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111825
[thumbnail of 051401938.pdf]
Preview
Text
051401938.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item