Penanganan Polri Untuk Pelaku Peredaran Narkotika Oleh Pekerja Informal Di Kota Malang (Studi Di Kepolisian Resort Malang Kota),

Zhafarina, Adlia Nur (2014) Penanganan Polri Untuk Pelaku Peredaran Narkotika Oleh Pekerja Informal Di Kota Malang (Studi Di Kepolisian Resort Malang Kota),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kasus terkait dengan kejahatan narkotika di Kota Malang mengalami peningkatan pada tahun 2013 (berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari Satresnarkoba Kepolisian Resort Malang Kota). Kebanyakan dari kasus tersebut, pelakunya merupakan pekerja informal, yang mana pada umumnya pelaku tersebut merupakan orang yang apabila dipandang dari segi ekonomi berasal dari kalangan menengah ke bawah dan bukan pekerja tetap. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis penyebab peredaran narkotika oleh pelaku pekerja informal di Kota Malang serta penanganan POLRI terhadap pelaku tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum empiris dengan pendekatan penelitian yuridis kriminologis. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang berupa hasil wawancara yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder yang berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan yakni analisis isi media kualitatif. Penelitian ini membahas tentang penyebab terjadinya peredaran narkotika oleh pelaku pekerja informal di Kota Malang, yang mana penyebabnya yaitu: jumlah pecandu narkotika di Kota Malang semakin meningkat, keadaan ekonomi pelaku, lingkungan pergaulan pelaku, pelaku yang tidak terikat oleh aturan internal, serta keimanan pelaku yang mudah goyah. Penanganan POLRI untuk pelaku tersebut, yakni dengan melakukan penanganan represif melalui pola-pola penyidikan yang sesuai dengan KUHAP dan penanganan preventif melalui penyuluhan dan sosialisasi serta pengadaan tes urin. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan bagi akademisi agar para akademisi dapat memberikan pemahaman terhadap para mahasiswa mengenai peredaran narkotika, khususnya di Kota Malang. Selain itu, bagi masyarakat umum diharapkan agar masyarakat umum yang mengetahui adanya peredaran narkotika di kalangan masyarakat oleh pihak-pihak tertentu untuk segera melapor kepada pihak kepolisian. Sedangkan bagi pemerintah yaitu pihak kepolisian diharapkan agar dapat selalu mengikuti perkembangan modus operandi peredaran narkotika di Kota Malang dan dapat selalu memperbarui ataupun mengikuti perkembangan teknologi. Selain itu, tetap berusaha untuk menjalin kerja sama yang baik kepada pihak Penyelenggara Jasa Telekomunikasi. Sedangkan bagi pihak BARESKRIM POLRI untuk lebih khususnya agar dapat lebih bijak dalam membuat peraturan-peraturan maupun kebijakan-kebijakan terkait pengungkapa n kasus peredaran narkotika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/18/051401900
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:46
Last Modified: 20 Apr 2022 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111802
[thumbnail of 051401900.pdf]
Preview
Text
051401900.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item