Hambatan Penyidik Polri Atas Penanganan Tindak Pidana Penipuan Yang Menggunakan Jasa Perbankan (Studi Di Polrestabes Surabaya),

Wulasari, Safitri Dwi (2014) Hambatan Penyidik Polri Atas Penanganan Tindak Pidana Penipuan Yang Menggunakan Jasa Perbankan (Studi Di Polrestabes Surabaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai Hambatan Penyidik Polri Atas Penanganan Tindak Pidana Penipuan Yang Menggunakan Jasa Perbankan dengan studi di Polrestabes Surabaya. Pemilihan tema pada skripsi ini dilatar belakangi oleh seringnya terjadi kasus-kasus tindak pidana penipuan yang dimana tindak pidana penipuan tersebut menggunakan jasa perbankan sebagai sarananya. Penanganan pada tindak pidana ini mengalami beberapa hambatan karena dalam penangannya penyidik harus melibatkan pihak perbankan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini mengangkat rumusan masalah ; (1) Apa hambatan dan upaya penyidik dalam penanganan tindak pidana penipuan yang menggunakan jasa perbankan ? Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode hukum empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Alasan pemilihan lokasi pada penelitian ini adalah karena sering terjadi tindak pidana penipuan yang menggunakan jasa perbankan di Surabaya dan Polrestabes sebagai kepolisian yang mempunyai wewenang untuk menangani kasus tersebut. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan sekunder untuk sumber data, sumber data primer dan sekunder. Teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan deskriptif kualitatif sebagai teknik analisis data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, penulis memperoleh jawaban mengenai hambatan dan upaya yang dilakukan pihak penyidik dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh pihak bank. Hambatan yang dialami oleh penyidik antara lain birokrasi perbankan, keamanan pihak bank dan tidak adanya tenaga ahli teknologi di Polrestabes Surabaya. Selanjutnya untuk upaya yang dilakukan oleh penyidik atas hambatan tersebut ialah melakukan upaya ilegal berupa kerjasama secara personal, berkerja sama dengan pihak bank berupa sosialisasi dan belajar secara langsung terkait teknologi.

English Abstract

In this thesis, the writer analyze the obstruction problem of Bank Fraud in Surabaya Police Department and Bank od BCA cahpter Sidoarjo. The background of the theme is influence by the frequency of fraud cases that are done in banks. This kinds of cases experiences many obstacles due to the involvement of the bank in these kinds of cases. Based on the background, the reasearch problems are: 1) what are the obstacles and efforts of the investigators in handling bank fraud cases? This thesis uses empirical law method with yuridictional sociological approach. The reason for the choosen location of cases is due to the frequency of the bank fraud in Surabaya and police department as the main authority in handling these cases. Furthermore, bank of bca sidoarjo was chosen because it acted as a coaching clinic that was held by both parties. The sources of data that are used are primary and secondary kind. The technique used in obtaining the data in this thesis is through primary and secondary with qualitative decription as a data technique analysis. Based on the research, the writer was able to obtain the answers of the obstruction and the efforts of the investigators to counteract and the preventive meassure from the bank. Some obstacles experience by the investigators include bank beaucracy, banks security and the absence of technical expertise workers at Surabaya Police department. The efforts done by the investigators include illegal means in terms of personal cooperation, cooperation with the bank include socialization and technology education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/179/051404156
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jul 2014 10:29
Last Modified: 20 Apr 2022 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111801
[thumbnail of Full_Teks.pdf]
Preview
Text
Full_Teks.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item