Upaya Penanganan Kredit Sertifikat Masal Swadaya (SMS) Dengan Jaminan Hak Tanggungan Berdasarkan Undang-Undang No. 4 Tahun 1996 di PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Lamongan,,

Muhammad, Alvin Nugroho (2013) Upaya Penanganan Kredit Sertifikat Masal Swadaya (SMS) Dengan Jaminan Hak Tanggungan Berdasarkan Undang-Undang No. 4 Tahun 1996 di PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Lamongan,,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya aturan hukum mengenai pelaksanaan Hak Tanggungan dalam suatu perjanjian kredit bertujuan untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi semua pihak. Untuk itu Bank dalam memberikan kredit harus ada jaminan sebagai pengamanan dan kepastian akan kredit yang diberikan, karena tanpa adanya pengamanan bank sulit menghindari resiko sebagai akibat dari kreditur yang wanprestasi.Permasalahan yang akan diteliti adalah Bagaimana upaya penanganan kredit sertifikat masal swadaya (SMS) dengan jaminan Hak Tanggungan berdasarkan Undang-undang No. 4 Tahun 1996 di PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Lamongan dan hambatan yang terjadi serta solusinya dalam menghadapi hambatan tersebut di PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanganan kredit sertifikat masal swadaya (SMS) dengan jaminan Hak Tanggungan berdasarkan Undang-Undang No. 4 Tahun 1996 di PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Lamongan dan untuk mengetahui hambatan yang terjadi serta menemukan dan menganalisa solusinya. Metodologi penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat Yuridis sosiologis yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku tidak hanya dari segi peraturan tertulis saja, tapi juga mengkaitkan dengan kondisi-kondisi nyata yang berada di masyarakat. Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan melalui wawancara dan kuisioner serta data sekunder yang berupa studi kepustakaan. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif analisis yaitu berusaha menganalisa data dengan menguraikan dan memaparkan secara jelas dan apa adanya mengenai obyek yang diteliti, data-data dan informasi yang diperoleh dari obyek penelitian, dikaji dan dianalisa dikaitkan dengan teori-teori, peraturan yang berlaku, bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang diangkat. Hasil penelitian yang dilakukan pada PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Lamongan, diperoleh : 1) upaya penanganan kredit sertifikat masal swadaya (SMS) dengan jaminan hak tanggungan dilakukan dengan cara damai dan jalur hukum, 2) Hambatan yang terjadi dalam penanganan kredit sertifikat masal swadaya (SMS) dengan jaminan Hak Tanggungan adalah dalam prakteknya belum dimanfaatkan secara optimal oleh kalangan perbankan khususnya yang mengakibatkan bank tersebut tidak dapat memanfaatkan ketentuan Undang-undang No. 6 Tahun 1996. Adapun jalan keluarnya yang ditempuh dalam penyelesaian kredit macet dengan jaminan Hak Tanggungan adalah penjadwalan kembali (Rescheduling, persyaratan kembali (Reconditioning), penataan kembali (Restructuring).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/176/051404153
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jul 2014 09:56
Last Modified: 20 Apr 2022 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111798
[thumbnail of Skripsi-Alvin-nugroho-muhammad-0810113013.pdf]
Preview
Text
Skripsi-Alvin-nugroho-muhammad-0810113013.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item