Dasar Pertimbangan Hukum Bagi Polri Dalam Pemberian Diskresi Pada Tingkat Penyidikan Anak (Studi Di Kepolisian Resort Malang Kota)

Poetra, Apriansyah Dwi (2014) Dasar Pertimbangan Hukum Bagi Polri Dalam Pemberian Diskresi Pada Tingkat Penyidikan Anak (Studi Di Kepolisian Resort Malang Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini penulis mengangkat dan memfokuskan mengenai penyidik anak yang memiliki kewenangan pemberian diskresi pada tingkat penyidikan. anak yang berkonflik dengan hukum harus diusahakan di jauhkan dari proses pidana formal, dengan adanya diskresi kepolisian dapat menjauhkan anak dari proses hukum formal. Kewenangan melakukan tindakan lain bagi penyidik yang di dasarkan penilaian sendiri dapat menimbulkan subyektifitas, dibutuhkan pertimbanganpertimbangan dalam melakukan diskresi agar tindakan yang dilakukan sesuai dengan kepentingan umum dan bertanggung jawab. Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah pertama, apa yang menjadi dasar pertimbangan hukum bagi Polri dalam pemberian diskresi pada tingkat penyidikan anak di Kepolisian Resort Malang Kota. Kedua, apakah pemberian diskresi pada tingkat penyidikan anak di Kepolisian Resort Malang Kota sudah mencerminkan keadilan restoratif. Penulisan karya tulis ini menggunakan metode penelitian empiris dengan metode pendekatan Yuridis Sosiologis. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh penulis dengan pengumpulan data wawancara yang menggunakan populasi dan sampel yang dilakukan dengan metode purposive sampling. Pemberian diskresi oleh penyidik pada tingkat penyidikan tersangka anak dilaksanakan sesuai dengan ketentuan KUHAP, UU Polri, UU Perlindungan Anak, serta Peraturan dan Surat Telegram Rahasia Kepolisian. Pertimbangan yang dilakukan penyidik dalam pemberian diskresi pada tingkat penyidikan anak di dasari pertimbangan yuridis berdasarkan petunjuk yang di berikan peraturan perundang-undangan dan pertimbangan non yuridis yang dilakukan berdasarkan kondisi dan situasi tersangka dan dilakukan dengan bertanggungjawab. Permberian diskresi dilakukan oleh penyidik pada tingkat penyidikan anak dengan tujuan perkara yang melibatkan anak sebagai tersangka diselesaikan diluar peradilan formal berdasarkan konsep Restorative Justice.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/170/051403790
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 Jul 2014 08:56
Last Modified: 20 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111792
[thumbnail of SKRIPSI_FORMAT_JURNAL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FORMAT_JURNAL.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item