Implementasi Tanggung Jawab Pialang Asuransi dalam Penanganan penyelesaian Klaim Pihak Tertanggung dengan Perusahaan Asuransi Berdasarkan Pasal 5 Huruf (a) Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usa

Putri, Dinar Nastity (2014) Implementasi Tanggung Jawab Pialang Asuransi dalam Penanganan penyelesaian Klaim Pihak Tertanggung dengan Perusahaan Asuransi Berdasarkan Pasal 5 Huruf (a) Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas tentang Implementasi Tanggung Jawab Pialang Asuransi dalam Penanganan Penyelesaian Klaim Pihak Tertanggung dengan Perusahaan Asuransi berdasarkan Pasal 5 Huruf (a) Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian. Hal tersebut dilatar belakangi karena masyarakat masih tidak mengerti isi kontrak pada perjanjian asuransi yang terdapat dalam polis. Dan kesulitan dalam pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi. Oleh karena itu, diperlukan jasa keperantaraan yakni pialang asuransi sebagai pendamping dalam menganalisis produk asuransi, kontrak yang terdapat pada polis asuransi, maupun penanganan penyelesaian klaim tersebut. tanggung jawab pialang asuransi berpedoman pada kontrak asuransi untuk melakukan kewenangan dalam penanganan penyelesaian klaim asuransi disamping hal tersebut pialang asuransi bertindak atas kepentingan pihak tertangung dan bertanggung jawab untuk mengoptimalkan nilai ganti kerugian yang wajar melalui proses negosiasi dengan perusahaan asuransi. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskanlah masalah mengenai 1) implementasi tanggung jawab pialang asuransi dalam penanganan penyelesaian klaim pihak tertanggung dengan perusahaan asuransi berdasarkan pasal 5 huruf (a) Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, 2) kendala yang dihadapi oleh PT. AA Pialang Asuransi dalam penanganan penyelesaian klaim pihak tertanggung dengan perusahaan asuransi 3) upaya yang dilakukan oleh PT. AA Pialang Asuransi dalam penanganan penyelesaian klaim pihak tertanggung dengan perusahaan asuransi. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis-empiris, dan pendekatan yuridis-sosiologis, berlokasi di PT. AA Pialang Asuransi, Jakarta Selatan. Data primer diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lokasi dan juga wawancara, selain itu data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Berbagai kendala dibagi atas dua faktor yakni faktor internal berada pada PT. AA Pialang Asuransi dan faktor eksternal berada pada pihak diluar PT. AA Pialang seperti nasabah dan perusahaan asuransi. Selanjutnya PT. AA Pialang Asuransi berupaya mencari solusi atau jalan keluar untuk mengatasi kendala-kendala tersebut baik itu kendala karena faktor internal maupun faktor eksternal guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabah. Dan bertanggung jawab sesuai dengan kontrak asuransi.

English Abstract

This thesis discusses about The Implementation of Insurance Broker’s Responsible in handling of the claim settlement between the insured person and Insurance Companies section 5 paragraph (a) UU Number 2 1992 about Insurance Business. It is motivated because people still do not understand about the content on contract for the agreements contained in the insurance policy. It’s difficult in filing claim to insurance companies. Therefore, it required the brokerage services,such as insurance broker’s as assistant in analyzing insurance product, contract on insurance policy, and the handling of the claim settlement. The insurance responsibility is based on insurance contract to perform the authority in handling of the claim settlement. Besides, insurance broker’s acts in the interest of insured person and responsible for optimizing the value of reasonable compesation through a process of negotiation with insurance companies. Based on the background, it can be formulated as 1) The implementation of insurance broker’s responsible in handling of finishing claim between the insured person and insurance companies section 5 paragraph (a) UU Number 2 1992 about Insurance Business, 2) The efforts done by PT. AA Pialang Asuransi on the handling of the claim settlement between the insured person and Insurance Companies. This research is juridical-empirical research, and socio-juridical approach, located in PT. AA Pialang Asuransi, South Jakarta. Primary data obtained directly from the results of research on location and also the interview, than secondary data obtained from the literature study. The various constraints are divided into two involves internal and external factor. Internal factors are at PT. AA Pialang Asuransi than external factor are on the outside of PT. AA Pialang Asuransi, such as clients and insurance companies. Then, PT. AA Pialang Asuransi seeks to find solutions to overcome these contraints both internal and external contraints in order to provide the best services for clients and responsible in accordance with the insurance contract.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/101/051402376
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Apr 2014 08:34
Last Modified: 19 Apr 2022 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111718
[thumbnail of SKRIPSI_DINAR_NASTITY_PUTRI_105010104111008_FHUB2010.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_DINAR_NASTITY_PUTRI_105010104111008_FHUB2010.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item