Upaya Yang Dilakukan Pemerintah Kota Batu Dalam Hal Pemekaran Wilayah Kecamatan Di Kota Batu Berdasarkan Pp No 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan (Studi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Batu)

Kurniawan, Yuda (2013) Upaya Yang Dilakukan Pemerintah Kota Batu Dalam Hal Pemekaran Wilayah Kecamatan Di Kota Batu Berdasarkan Pp No 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan (Studi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai upaya dari pemerintah Kota Batu yang baru terbentuk pada tahun 2001 dan berpotensi untuk terus memekarkan daerahnya. Seiring dengan perkembangan daerah dan pertumbuhan penduduk yang terjadi di Kota Batu. Peran Bappeda dianggap sangat penting karena merupakan instansi yang megatur dan mengawasi jalannya pembangunan suatu kota, dan perencanaan pembangunan daerah kedepannya. Rumusan masalah: 1. Faktor apa saja yang mempengaruhi pemekaran wilayah Kota Batu? 2. Upaya apa saja yang dilakukan pemerintah Kota Batu dalam hal pemekaran wilayah Kota Batu? 3. Hambatan apa yang ditemui pemerintah Kota Batu dalam upaya pemekaran wilayah Kota Batu? Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Sosiologis. Prosedur pengumpulan data dan pengolahan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi lapangan serta studi dokumen dan kepustakaan yaitu mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis, langsung di lokasi penelitian. Data dianalisa dengan mempergunakan tekhnik pengolahan data secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jawaban bahwa faktor yang mempengaruhi pemekaran wilayah Kota Batu didasarkan atas aspirasi sebagian besar masyarakat. Kemudian faktor Ekonomi, Sosial dan Budaya, Organisasi dan Manajemen, Pelayanan Publik dan kependudukan, pertahanan dan keamanan, serta Faktor Tata Pemerintahan. Dengan faktor – faktor tersebut diharapkan agar daerah yang baru dapat tumbuh, berkembang dan mampu menyelenggarakan otonomi daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang optimal guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Sedangkan Upaya pemerintah Kota Batu adalah mempersiapkan daerah yang akan dimekarkan agar memenuhi syarat yang telah ditentukan dalam undang-undang. Kemudian terdapat faktor-faktor yang ditemui dalam upaya pemekaran baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dengan demikian perlu adanya banyak evaluasi pada internal Pemerintah Kota Batu dalam upayanya untuk memekarkan wilayah Kota Batu, selain itu Pemerintah daerah juga harus mempersiapkan segala sarana prasarana pada daerah yang dimekarkan untuk memenuhi syarat pemekaran daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/98/051304790
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 May 2013 08:59
Last Modified: 19 Apr 2022 01:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111712
[thumbnail of 1._Cover_Skripsix.pdf]
Preview
Text
1._Cover_Skripsix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Pembukaan_Skripsix.pdf]
Preview
Text
2._Pembukaan_Skripsix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._PP_No._19_2008.pdf]
Preview
Text
4._PP_No._19_2008.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Bab1_-_Bab4x.pdf]
Preview
Text
3._Bab1_-_Bab4x.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item