Upaya Perusahaan Rental Untuk Menyelesaikan Wanprestasi Dan Overmacht Yang Berupa Kerusakan Pada Perjanjian Sewa Menyewa Mobil (Studi Kasus Di Daniswara , Adfan, Nagoya Transport Rent Car Yogyakarta)

Yuwono, Lukman (2013) Upaya Perusahaan Rental Untuk Menyelesaikan Wanprestasi Dan Overmacht Yang Berupa Kerusakan Pada Perjanjian Sewa Menyewa Mobil (Studi Kasus Di Daniswara , Adfan, Nagoya Transport Rent Car Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah upaya perusahaan rental untuk menyelesaikan wanprestasi dan overmacht pada perjanjian sewa menyewa mobil. Hal ini dilatarbelakangi dengan tuntutan mobilitas yang tinggi untuk mencapai tujuan dan menjalankan kegiatan kehidupan bermasyarakat di zaman modern ini selalu membutuhkan transportasi, sarana transportasi khususnya transportasi darat merupakan sarana transportasi yang paling banyak digunakan dan menjadi favorit bagi masyarakat adalah kendaraan mobil. Dalam kenyataannya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi berupa mobil bagi sebagian masyarakat bukanlah hal yang mudah dan perusahaan rental mobil menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut melalui adanya perjanjian sewa menyewa antara perusahaan rental mobil dengan penyewa, meskipun dalam perjanjian sudah diatur secara jelas akan tetapi tetap saja terjadi permasalahan dalam hal ini adalah wanprestasi berupa kerusakan pada mobil yang diakibatkan oleh penyewa sehingga mengakibatkan kerugian bagi perusahaan rental mobil. Dalam rangka mengetahui upaya yang dilakukan perusahaan rental mobil dalam penyelesaian wanprestasi dan overmacht berupa kerusakan mobil yang diakibatkan penyewa dalam perjanjian sewa menyewa mobil, berikut kendalakendala yang dihadapi oleh para pihak dalam penyelesaian permasalahan tersebut. Maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang diterapkan secara yuridis dengan melihat fakta empiris secara obyektif. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa upaya yang ditempuh perusahaan rental mobil untuk menyelesaikan wanprestasi dan overmacht yang diakibatkan oleh penyewa pada perjanjian sewa menyewa mobil melalui upaya penyelesaian sengketa diluar pengadilan yaitu negosiasi atau perundingan dengan penyewa dan permintaan ganti rugi dari pihak penyewa yang melakukan wanprestasi dan overmacht. Sedangkan, mengenai kendala-kendala yang dihadapi para pihak dalam penyelesaian permasalahan tersebut terbagi dalam dua sudut pandang yaitu dari sudut pandang perusahaan rental mobil adalah : karakter penyewa, penyewa yang menunda pembayaran, proses pengajuan claim asuransi yang membutuhkan waktu lama, sedangkan dari sudut pandang penyewa mobil adalah : pengelolaan usaha perusahaan rental mobil yang kurang baik, kedudukan yang tidak seimbang antara perusahaan rental mobil dengan penyewa mobil, kondisi yang tidak dapat diduga. Menyikapi fakta-fakta tersebut di atas, maka perlu kiranya diadakan pembaharuan dan penyempurnaan terhadap naskah perjanjian sewa menyewa mobil agar perjanjian tersebut dapat mengakomodir seluruh kepentingan para pihak, sehingga dalam pelaksanaannya dikemudian hari tidak merugikan para pihak ataupun salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/89/051304336
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 May 2013 13:37
Last Modified: 19 Apr 2022 01:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111705
[thumbnail of SKRIPSI__Lukman_Yuwono_.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI__Lukman_Yuwono_.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item