Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana Terhadap Pedagang Besi Tua Yang Melakukan Tindak Pidana Penadahan (Studi di Pengadilan Negeri Kepanjen)

S, Bernadetta RF (2013) Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana Terhadap Pedagang Besi Tua Yang Melakukan Tindak Pidana Penadahan (Studi di Pengadilan Negeri Kepanjen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi latar belakang masalah adalah munculnya kejahatan terhadap harta benda di masyarakat yang menjadikan pedagang besi tua sebagai sarana untuk mewujudkan keuntungan bagi pelaku kejahatan.Namun, tidak semua pedagang sengaja membeli barang hasil kejahatan itu.Masih ada pedagang yang beritikad baik namun tanpa sengaja membeli barang hasil dari kejahatan sehingga Hakim dengan pertimbangannya menjatuhkan Pasal 480 KUHP dengan sanksi pidana penjara. Hal ini tentu merugikan bagi pedagang besi tua karena meskipun dengan itikad baik dan karena kekhilafannya ia telah membeli barang hasil kejahatan namun Hakim tetap menjatuhkan pidana penjara terhadap dirinya. Seharusnya, pedagang besi tua ini mendapat perlindungan hukum. Dalam penelitian hukum ini menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis.Penelitian dilakukan di Pengadilan Negeri Kepanjen dengan dasar pertimbangan terdapat 2 kasus penadahan yang dilakukan oleh pedagang besi tua.Responden dalam penelitian ini adalah: 2 orang Hakim Pengadilan Negeri Kepanjen yang pernah menangani kasus penadahan. Hasil penelitian hukum ini telah diperoleh data bahwa dasar pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap pedagang besi tua yang melakukan tindak pidana penadahan dapat dilihat dari harga barang, latar belakang barang dan penjual, keterkaitan antara penjual dan barang, keterkaitan antara penjual dengan pembeli, waktu dan tempat terjadinya jual beli, kondisi barang dan kondisi penjual barang. Seseorang yang membeli barang meskipun dalam persidangan terbukti bahwa barang tersebut hasil kejahatan namun didasarkan pada itikad baik maka dapat dijatuhi putusan bebas, selain itu itikad baik bisa juga sebagai dasar pertimbangan yang meringankan bagi terdakwa. Definisi pedagang besi tua yang beritikad baik menurut Hakim adalah seorang pedagang yang mempunyai sikap kehati-hatian dengan mencari informasi tentang asal-usul barang dan memperhatikan hal-hal seperti dalam dasar pertimbangan Hakim. Dalam penelitian hukum ini, disarankan agar Hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana harus didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang memberikan rasa keadilan baik bagi korban, terdakwa maupun bagi masyarakat dan dalam pertimbangan-pertimbangan Hakim harus sejalan dengan berkembangnya masyarakat dan kejahatan sehingga dapat tercipta kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/82/051304328
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 May 2013 13:50
Last Modified: 19 Apr 2022 00:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111699
[thumbnail of Skripsi_u_CD.pdf]
Preview
Text
Skripsi_u_CD.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item