Kesesuaian Pelaksanaan Lelang Barang Jaminan Rahn Bermasalah Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 25/ DSN- MUI/ III/ 2002 (Studi Di PT. BANK BRI SYARIAH Cabang Kota Malang)

Sukmasari, Bella Dina Putri (2013) Kesesuaian Pelaksanaan Lelang Barang Jaminan Rahn Bermasalah Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 25/ DSN- MUI/ III/ 2002 (Studi Di PT. BANK BRI SYARIAH Cabang Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Kesesuaian Pelaksanaan Lelang Barang Jaminan Rahn Bermasalah Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 25/ DSN- MUI/ III/ 2002. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya banyak penyimpangan dalam pelaksanaan lelang yang tidak sesuai dengan aturan lelang dalam syariat Islam yaitu Fatwa DSN nomor 25/DSN-MUI/III/2002 pada bank-bank syariah yang bentukannya diawali sebagai produk perbankan konvensional yang pada akhirnya berdiri sendiri atau terpisah dengan bank konvensional dan membentuk bank syariah baru dalam bentuk perseroan terbatas. Berdasarkan hal tersebut diatas, dibuatnya karya tulis ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian pelaksanaan lelang barang jaminan gadai (rahn) pada BRI Syariah Cabang Kota Malang berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 25/DSN-MUI/III/2002 (2) Untuk mendeskripsikan dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan lelang barang jaminan gadai (rahn) pada BRI Syariah Cabang Kota Malang berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 25/DSN-MUI/III/2002. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Bahan hukum primer dan sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis isi. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, hasil penelitian yang diperoleh, bahwa jika ditinjau dari 4 ketentuan penjualan marhun atau biasa disebut dengan lelang dalam Fatwa DSN No: 25/DSN-MUI/III/2002 bagian kedua butir 5b tentang penjualan marhun, terdapat hal-hal yang sesuai yakni mengenai pemberitahuan masa jatuh tempo dan penggunaan hasil penjualan marhun. Selain itu, ada juga hal yang kurang sesuai yakni mengenai sanksi atas rahin yang tidak dapat melunasi hutangnya dan kelebihan hasil penjualan marhun. Faktor pendukung kesesuaian pelaksanaan lelang dalam Fatwa DSN No: 25/DSN-MUI/III/2002 bagian kedua butir 5b yaitu kesesuaian aturan dalam persiapan pelaksanaan lelang dalam praktik, para pegawai profesional dalam menjalankan tugas, akad yang jelas dalam Sertifikat Gadai Syariah, kebutuhan dalam regulasi keuangan untuk disalurkan kepada masyarakat dan aturan yang sesuai dengan hukum syariah Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/7/051302888
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 Apr 2013 09:19
Last Modified: 18 Apr 2022 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111686
[thumbnail of KESESUAIAN_PELAKSANAAN_LELANG_BARANG_JAMINAN_RAHN_BERMASALAH_BERDASARKAN_FATWA_DEWAN_SYARIAH_NASIONAL_NOMOR_25.pdf]
Preview
Text
KESESUAIAN_PELAKSANAAN_LELANG_BARANG_JAMINAN_RAHN_BERMASALAH_BERDASARKAN_FATWA_DEWAN_SYARIAH_NASIONAL_NOMOR_25.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_ILMIAH.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item