Upaya Penanggulangan Yang Dilakukan Oleh Kepolisian Dalam Memberantas Tindak Pidana Peredaran Narkoba Dikalangan Narapidana (Studi di Polres Malang Kota)

Novianto, MRizki (2013) Upaya Penanggulangan Yang Dilakukan Oleh Kepolisian Dalam Memberantas Tindak Pidana Peredaran Narkoba Dikalangan Narapidana (Studi di Polres Malang Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan penelitian ini membahas mengenai upaya Kepolisian dalam menanggulangi peredaran narkoba dikalangan narapidana. Fenomena baru khususnya di kota Malang sebagai kota pendidikan yang memiliki tingkat kemajukan masyarakat yang relatif tinggi. Penyalahgunaan narkoba berdampak buruk bagi tubuh pengguna maupun masyarakat disekitarnya. Narapidana yang seharusnya dibina untuk dapat dikembalikan lagi kedalam masyarakat tidak seharusnya melakukan tindak pidana lagi ketika dirinya dalam proses dipidana kurungan penjara. Perlunya penanggulangan yang dilakukan untuk mencegah dampak yang lebih jauh dari jaringan yang terbentuk yang semakin mengakar. Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis dimaksudkan untuk mengkaji atau menganalisa dari segi keilmuan hukum berdasarkan peraturan hukum yang berlaku, sedangkan pendekatan sosiologis digunakan untuk mengkaji penerapan hukum yang bersangkutan berdasarkan kenyataan atau fakta yang ada pada masyarakat. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik deskriptif analitis, yaitu menggambarkan data yang kemudian dianalisa dengan teori-teori dan penjelasan-penjelasan yang telah disediakan sebelumnya. Hasil yang didapat selama dilaksanakan penelitian, bahwa upaya Kepolisian dalam menanggulangi peredaran narkoba dikalangan narapidana ada dua, yaitu upaya represif dalam bentuk koordinasi terbuka dan upaya represif dan preventif dalam bentuk koordinasi tertutup. Koordinasi terbuka dilakukan dengan berkoordinasi langsung dengan Kalapas sedangkan koordinasi tertutup dilakukan dengan cara pihak Kepolisian bergerak sendiri menelusuri jaringan peredaran narkoba melalui media pesan singkat (SMS). Upaya perbaikan dari penanggulangan yang telah dilakukan berupa pembenahan dari kendala yang dihadapi selama proses penelusuran dan pengembangan kasus peredaran narkoba dikalangan narapidana. Kendala yang dihadapi menjadi tolak ukur keberhasilan Kepolisian dalam mengungkap kasus. Serta faktor penyebab narapidana melakukan tindak pidana peredaran narkoba dijadikan acuan untuk terus menjalankan kinerja menegakkan hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/45/051302927
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Apr 2013 14:09
Last Modified: 18 Apr 2022 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111661
[thumbnail of JURNAL_ILMIAH__-_M._RIZKI_NOVIANTO_-_0910113028.pdf]
Preview
Text
JURNAL_ILMIAH__-_M._RIZKI_NOVIANTO_-_0910113028.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_-_M._RIZKI_NOVIANTO_-_0910113028.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_M._RIZKI_NOVIANTO_-_0910113028.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item