Implementasi Pasal 2 Ayat (2) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 741/MENKES/PER/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota (Studi di Puskesmas I

Wulan, Tyas Seftie (2013) Implementasi Pasal 2 Ayat (2) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 741/MENKES/PER/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota (Studi di Puskesmas I. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Implementasi Pasal 2 Ayat (2) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 741/MENKES/PER/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota, khususnya di Puskesmas Induk Campurejo di Kota Kediri. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan antara peraturan menteri kesehatan tentang standar pelayanan minimal dengan implementasinya di lapangan yang kurang sesuai. Munculnya permasalahan yang mempengaruhi pemenuhan target yang ditentukan oleh pasal 2 ayat (2) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 741/MENKES/PER/VII/2008 ini terjadi dalam lingkup pelayanan kesehatan. Di dalam upaya menganalisis implementasi pasal 2 ayat (2) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 741/MENKES/PER/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota, khususnya di Puskesmas Induk Campurejo di Kota Kediri ini, metode pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah yuridis sosiologis. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Puskesmas Induk Campurejo, Kota Kediri. Data yang mendukung penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka, dokumen dari instansi, internet dan peraturan perundangan yang berlaku. Populasi dan sampel diambil dari pegawai Puskesmas Induk Campurejo, pegawai Dinas Kesehatan dan masyarakat penerima pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Induk Campurejo. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Sub-bagian Pelayanan Kesahatan Dinas Kesehatan Kota Kediri, Kepala Puskesmas Induk Campurejo dan 10 orang penerima pelayanan kesehatan. Data primer diperoleh dengan teknik pengumpulan data secara langsung, yaitu melalui wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Bedasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban bahwa implementasi pasal 2 ayat (2) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 741/MENKES/PER/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota di Puskesmas Induk Campurejo secara umum dapat terlaksana dengan baik, walaupun ada beberapa jenis pelayanan dan indikator kinerja yang tidak dapat memenuhi target seperti yang ditentukan oleh peraturan menteri tersebut. Penyebab kurang terpenuhinya target tersebut terjadi karena kurang adanya koordinasi antar pelaksana pelayanan, sarana-prasarana yang kurang mendukung serta kesadaran masyarakat yang kurang dalam memberikan dukungan atas program-program kesehatan yang ada. Hambatan atas pelaksanaan fungsi pelayanan kesehatan tersebut dapat diatasi dengan meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar pelaksana pelayanan kesehatan, melengkapi sarana-prasarana kesehatan yang ada. Kesadaran masyarakat akan kesehatan dapat ditingkatkan dengan mengadakan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat maupun penyuluhan beberapa program kesehatan yang diciptakan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/41/051302922
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Apr 2013 14:04
Last Modified: 18 Apr 2022 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111657
[thumbnail of TYAS_SEFTIE_WULAN.pdf]
Preview
Text
TYAS_SEFTIE_WULAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item