Tinjauan Kriminologis Penyalahgunaan Narkotika Oleh Anak Berdasarkan Theory Of Attachment (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas II A Blitar)

Kumalasari, Yulia (2013) Tinjauan Kriminologis Penyalahgunaan Narkotika Oleh Anak Berdasarkan Theory Of Attachment (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas II A Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan tentang faktor-faktor anak menyalahgunakan narkotika berdasarkan Theory of Attachment. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh semakin beredarnya narkotika dikalangan anak yang pada umumnya anak melakukan hal positif tetapi justru ada beberapa anak yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika. Dalam hal ini, ada beberapa macam faktor yang mempengaruhi anak terlibat dalam penyalahgunaan narkotika, salah satunya yakni keberadaan keluarga yang tidak harmonis mejadi salah satu faktor anak terlibat dalam penyalahagunaan narkotika. Berdasarkan hal tersebut diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1) Apa sebab-sebab anak menyalahgunakan narkotika ditinjau dari Theory of Attachment? (2) Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh Lapas Anak Blitar dalam melakukan pembinaan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan penyalahguna narkotika, dengan tujuan penelitian: (1)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan sebab-sebab anak menyalahgunakan narkotika ditinjau dari Theory of Attachment; (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan oleh Lapas Anak Blitar dalam melakukan pembinaan anak didik pemasyarakatan penyalahguna narkotika. Kemudian penulis menggunakan jenis penelitian metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis kriminologis. Data primer dan data sekunder yang diperoleh penulis dianalisis dengan analisis data yang bersifat deskriptif, memberikan gambaran atas obyek yang diteliti yaitu sebab-sebab anak menyalahgunakan narkotika dan upaya dari pihak Lapas Anak dalam melakukan pembinaan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan penyalahgunaan narkotika yang kemudian dihubungkan dengan Theory Attachment dan hukum yang berkaitan dengan sebab-sebab anak menyalahgunakan narkotika. Dari hasil penelitian bahwa faktor yang mempengaruhi anak menyalahgunakan narkotika adalah faktor keluarga yang Broken home (orang tua yang bercerai), faktor lingkungan, faktor ekonomi, sekedar coba-coba, dan pembuktian cinta kepada teman wanita. Faktor yang paling mempengaruhi yakni dari faktor keluarga, bahwa keluarga yang tidak harmonis mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak mengakibatkan anak tertekan dan mencari pelarian yakni menggunakan narkotika. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan oleh petugas Lapas Anak Blitar dalam melakukan pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan yakni melaksanakan pembinaan pendidikan, kepribadian, keagamaan, dan keterampilan yang bertujuan memberi bekal kepada anak seusai menjalani masa pidana di Lapas Anak Blitar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/36/051302917
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:23
Last Modified: 18 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111651
[thumbnail of SKRIPSI_YULIA_K..pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_YULIA_K..pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item