Tinjauan Kriminologis Tindak Pidana Pembunuhan Dengan Motif Asmara Sesama Jenis (Studi Kasus Di Kepolisian Resort Malang Kota Dan Kepolisian Resort Nganjuk)

Odayati, TheresiaSenggo (2013) Tinjauan Kriminologis Tindak Pidana Pembunuhan Dengan Motif Asmara Sesama Jenis (Studi Kasus Di Kepolisian Resort Malang Kota Dan Kepolisian Resort Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tentang pembunuhan dengan motif asmara sesama jenis yang mana masih termasuk dalam pembunuhan biasa. Kasus pembunuhan dengan motif asmara sesama jenis ini merupakan kasus yang menarik pada tahun 2008, 2011, dan terakhir tahun 2012. Kita bisa melihat fakta pembunuhan dengan motif asmara sesama jenis ini dari kasus Ryan di Jombang menyusul kasus pembunuhan dengan motif asmara sesama jenis yang dilakukan oleh Sugeng Riani di Malang, dan kasus Mujianto di Nganjuk. Berdasarkan hal tersebut diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah : (1) Apakah yang melatar belakangi pelaku melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap kekasihnya yang sesama jenis? (2) Bagaimana modus operandi tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh pelaku dengan motif asmara sesama jenis? Penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian empiris dan penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis kriminologis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder yang diperoleh penulis dengan teknik cara wawancara, memperoleh dengan cara studi literature, serta melalui internet dan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengumpulkan sata serta arsip-arsip dari tempat penulis melakukan penelitian. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa latar belakang Sugeng Riani melakukan pembunuhan dengan motif asmara sesama jenis di kota Malang dengan korban bernama Roni Kristiono adalah Sugeng Riani marah terhadap Roni Kristiono karena Roni Kristiono tidak mau mengantarkan Sugeng Riani pulang dan Roni Kristiono justru meminta Sugeng Riani untuk ‘melayani’ lagi. Latar belakang Mujianto melakukan pembunuhan dengan motif asmara sesama jenis di Nganjuk adalah karena Mujianto cemburu dengan Joko, kekasihnya. Hal ini karena, Joko mengajak teman-teman gay nya datang ke rumah dan melakukan oral seks dengan Joko. Mujianto juga iri hati karena dia hanya dibayar sedikit oleh Joko daripada teman-teman gay Joko yang lainnya. Modus operandi pembunuhan dengan motif asmara sesama jenis yang dilakukan oleh Sugeng Riani adalah Ketika Roni Kristiono tiduran ke arah kanan, saat itulah, Sugeng Riani melihat ada pisau di dekat pintu kamsr kos Roni Kristiono, Sugeng Riani mengambil pisau itu dan kemudian menggorok leher Roni Kristiono.Roni Kristiono sempat bangun, namun oleh Sugeng Riani, punggunya di telungkupkan ke lantai dan Roni Kristiono meninggal dunia. Sugeng Riani juga mengambil barang-barang milik Roni Kristiono, yakni 2 handphone merk Esia dan Samsung, dompet warna hitam berisi SIM/STNK/KTP dan uang tunai Rp700.000,00 milik Roni Kristiono. Modus operandi pembunuhan dengan motif asmara sesama jenis yang dilakukan oleh Mujianto adalah mencampurkan racun tikus merk Timex ke dalam minuman para korban dan Mujianto menitipkan para korban ke rumah warga kemudian Mujianto melarikan diri dengan membawa serta handphone para korban.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/32/051305913
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:48
Last Modified: 18 Apr 2022 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111647
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item