Dampak Psikologis Bagi Narapidana Wanita Yang Melakukan Tindak Pidana Pembunuhan Dan Upaya Penanggulangannya (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang)

Meilina, :Clara Priscilla (2013) Dampak Psikologis Bagi Narapidana Wanita Yang Melakukan Tindak Pidana Pembunuhan Dan Upaya Penanggulangannya (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi latar belakang masalah adalah tindak pidana pembunuhan tidak jarang juga dilakukan oleh seorang wanita. Kehidupan yang dijalani seorang narapidana selama berada di penjara, membuat dirinya menghadapi berbagai masalah psikologis antara lain kehilangan keluarga, kehilangan kontrol diri dan kehilangan dukungan. Selain itu tembok lapas juga merenggut kebebasan atau kemerdekaan bergerak. Terdapat upaya penanggulangan dalam mengatasi dampak psikologis, dalam hal pemberian pembinaan kepada narapidana. Peranan Lembaga Pemasyarakatan sangat menentukan berhasil atau tidaknya dalam melakukan pembinaan terhadap narapidana. Dalam penelitian hukum ini digunakan pendekatan yuridis-sosiologis, dalam hal ini untu menganalisis permasalahan dari aspek sosialnya. Responden dalam penelitian ini adalah: Kasie Binadik 1 orang, Kasub Sie Bimker & Pengelolaan Hasil Kerja 1 orang, Kasie Giatja 1 orang dan narapidana Tindak Pidana Pembunuhan 10 orang. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dampak psikologis bagi narapidana wanita setelah melakukan tindak pidana pembunuhan antara lain: timbulnya penyesalan, timbulnya perasaan gelisah, takut perbuatannya diketahui keluarga dan dikucilkan masyarakat, sedangkan dampak psikologis bagi narapidana wanita dalam menjalani masa pidananya antara lain: Loos of personality, Loos of security, Loos of liberty, Loos of personal communication, Loos of good and service, Loos of heterosexual, Loos of prestige, Loos of creativity. Untuk mengatasi dampak psikologis tersebut terdapat upaya penanggulangan berupa pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Pembinaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang benar-benar berhasil dan memberikan hasil positif bagi semua narapidana yang ada. Dalam hal ini disarankan untuk Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita agar menempatkan pegawai tetap untuk seorang Psikolog di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang sehingga dapat memantau narapidana secara intensif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/29/051302910
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 Apr 2013 10:20
Last Modified: 18 Apr 2022 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111644
[thumbnail of Skripsi_Clara_Priscilla_Meilina_NIM.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Clara_Priscilla_Meilina_NIM.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item