Pelaksanaan Transparansi Dan Partisipasi dalam Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Blitar (Studi Di Bappeda Kabupaten Blitar)

Lidhyatma, Ganda (2013) Pelaksanaan Transparansi Dan Partisipasi dalam Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Blitar (Studi Di Bappeda Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan adalah suatu proses yang dilakukan secara terus-menerus dalam rangka memperbaiki indikator sosial maupun ekonomi pada suatu wilayah dari waktu ke waktu. Pembangunan adalah usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sebelum hari ini perencanaan pembangunan dan seluruh agenda pembangunan ditentukan oleh pemerintah berdasarkan asumsi pejabat atas prioritas dan kebutuhan masyarakat. Keadaan ini membuat masyarakat cenderung bersikap pasif terhadap berbagai permasalahan pembangunan dan cenderung dilahirkan kondisi masyarakat yang tidak terlalu peduli terhadap masalah pembangunan sehingga ada anggapan bahwa perencanaan pembangunan daerah `anya merupakan tanggung jawab pemerintah saja dan kalau pun ada aspirasi masyarakat dianggap sebagai sumbang saran yang tidak mengikat. Akibat dari strategi perencanaan yang bersifat sentralistik tersebut, berbagai masalah timbul kehadapan masyarakat antara lain pembangunan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga selain hasilnya masih dirasakan kurang mengangkat kualitas hidup masyarakat dan menjadi terbengkalai karena kurang mendapat respon positif dari masyarakat. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan transparansi dan partisipasi dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Blitar saat ini masih dalam tahap perencanaan. Perencanaan yang tLmaksud adalah transparansi dan partisipasi perencanaan pembangunan masih dicoba untuk dilegalkan melalui Peraturan Daerah yang saat ini sedang dibahas. 2. Kesulitan yang dihadapi dalam transparansi dan partisipasi perencanaan pembangunan adalah bahwa scat ini terhadap hal tersebut masih dalam tahap pembahasan peraturan daerah yang mengatur mengenai transparansi dan partisipasi Perencanaan Pembangunan, sehingga dengan demikian Pelaksanaannya masih sulit untuk dilakukan mengingat dasar hukumnya ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/276/051405415
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Sep 2014 09:59
Last Modified: 18 Apr 2022 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111638
[thumbnail of 1._Cover.pdf]
Preview
Text
1._Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
2._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTRA_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTRA_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item