Kedudukan Hukum Creative Commons Dalam Dunia Maya Berbasis “Publik Domain” Ke Dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta (Kajian Yuridis Normatif)

Liman, NicoSancho (2014) Kedudukan Hukum Creative Commons Dalam Dunia Maya Berbasis “Publik Domain” Ke Dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta (Kajian Yuridis Normatif). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Skripsi Ini, Penulis Membahas Mengenai Implementasi Lisensi Creative Common Di Dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta. Dalam Skripsi Ini Akan Dibahas Upaya Kedudukan Hukum Yang Konkret Secara Formil Dalam Undang-Undang, Rundang-Undang, Peraturan- Peraturan Di Indonesia, Serta Hal-Hal Yang Terkait Akan Sejarah Dan Perkembangan Lisensi Creative Common . Landasan Dasar Penulis Untuk Mengangkat Judul Ini Karena Berkembangnya Dunia Maya Di Indonesia Yang Semakin Pesat Dan Hampir Menjadi Kebutuhan Setiap Individu Masyarakat Indonesia, Yang Kurang Akan Pengetahuan Tentang Pentingnya Suatu Perlindungan Hukum Terutama Hak Cipta Akan Karya-Karya Cipta Di Dunia Maya Untuk Masuk, Dilihat, Dan Diunduh Oleh Semua Kalangan Tanpa Ada Yang Mengontrol Setiap Saat. Fakta Yang Beredar Bahwa Banya Pencipta Karya Seni (Creator) Takut Memasukan Karya Seninya Ke Dalam Dunia Maya Karena Maraknya Pembajakan, Hal Ini Terjadi Karena Kurangnya Perlindungan Hukum Akan Hak Cipta Yang Dianggap Perlu Ada Perubahan Seriring Perkembangan Era Atau Teknologi Terutama Dunia Maya. Tujuan Tulisan Ini Bagi Pemerintah (Ditjen Haki) Yaitu Sebagai Rujukan Yang Khususnya Bagi Mahasiswa Ilmu Hukum Yang Sedang Mempelajari Tentang Linsensi-Lisensi Hak Cipta Baru Yang Sedang Berkembang Seiring Perkembangan Dunia Maya. Bagi Pihak Masyarakat Dan Lembaga-Lembaga Pendidikan Dapat Digunakan Sebagai Rujukan Dalam Hal Sebagai Wahana Atau Alternatif Pilihan Lisensi Hak Cipta Yang Baru Dalam Karya Cipta. Penulis Mau Melakukan Perbandingan Atau Kajian Teoritis Akan Perkembangan Dunia Maya Saat Ini Dengan Undang-Undang Di Indonesia, Maka Penulis Menggunakan Suatu Metode Pendekatan Yang Digunakan Adalah Yuridis Normatif, Yaitu Penelitian Yang Difokuskan Untuk Mengkaji Penerapan Kaidah-Kaidah Atau Norma-Norma Dalam Hukum Positif Dengan Cara Mengkaji Dan Menginterpretasikan Hal-Hal Yang Terdapat Dalam Ketentuan-Ketentuan Dan Bahan-Bahan Hukum Yang Berupa Peraturan Perundang-Undangan Yang Ada Beserta Literatur Lainnya Dengan Menggunakan Pendekatan Perundang-Undangan, Karena Yang Diteliti Adalah Berbagai Aturan Hukum Yang Menjadi Focus Sekaligus Tema Sentral Penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/266/051400415
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jan 2014 14:05
Last Modified: 18 Apr 2022 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111628
[thumbnail of Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_I.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_II.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_III.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_V.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Creative_Commons_-_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Creative_Commons_-_Cover_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Creative_Commons_-_Cover_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Creative_Commons_-_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Creative_Commons_-_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item