Implementasi Pasal 75 Huruf ( j ) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika (Studi di BNN Malang Kota dan Polres Malang Kota)

Pratama, Yugo (2013) Implementasi Pasal 75 Huruf ( j ) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika (Studi di BNN Malang Kota dan Polres Malang Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang implementasi Pasal 75 Huruf (j) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Hal ini dilatarbelakangi bahwa pelaksanaan teknik penyidikan pembelian terselubung dan penyerahan dibawah pengawasan sangat penting dalam pengungkapan jaringan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika. Selain hal tersebut dibahas juga mengenai kendala-kendala penyelidik dalam melakukan teknik under cover tersebut dan upaya apa yang dilakukan oleh pihak SatReskoba Polres Malang Kota dan BNN Malang Kota untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Tujuan penulisan ini bagi mahasiswa yaitu sebagai referensi dan rujukan khususnya bagi mahasiswa jurusan ilmu hukum yang sedang mempelajari tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Dan bagi Kepolisian dapat digunakan sebagai referensi dan rujukan dalam menangani permasalahan hukum, yang terkait dengan teknik penyidikan dalam tindak penyalahgunaan narkotika. Dalam rangka mengetahui upaya penyidik dalam melakukan teknik pembelian terselubung dan penyerahan dibawah pengawasan, maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris, pendekatan yuridis empiris yaitu dengan cara mengkaji dan menginterpretasikan hal-hal yang terdapat dalam ketentuan-ketentuan dan bahan-bahan hukum yang berupa peraturan perundang-undangan yang ada beserta literatur lainnya untuk selanjutnya dihubungkan dengan kondisi faktual yang ada dalam masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dalam melakukan teknik penyidikan pembelian terselubung dan penyerahan dibawah pengawasan, terdapat dua bentuk pengawasan. Dalam melakukan teknik under cover pihak kepolisian dan BNN Malang Kota menaati segala peraturan dan tidak melanggar hak asasi manusia. Bahwa dalam melakukan teknik pembelian terselubung dan penyerahan dibawah pengawasan tersebut terdapat berbagai kendala, guna mengatasi kendala tersebut pihak kepolisian dan BNN Malang Kota memiliki upaya mengatasi dan meminimalisir kendala tersebut. Saran yang diberikan dalam penulisan ini adalah pengembangan teknik penyidikan melalui TI (Teknik Informatika) serta saling melakukan dan menjaga koordinasi antara pihak Polres dan BNN Malang Kota dalam setiap pengembangan teknik penyidikan dan memberikan informasi dalam pengungkapan kasus narkotika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/25/051302906
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Apr 2013 08:56
Last Modified: 18 Apr 2022 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111612
[thumbnail of Skripsi_Yugo_Pratama_NIM._0910110088.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Yugo_Pratama_NIM._0910110088.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item