Upaya Bank Syariah Dalam Mencegah Pembatalan Perjanjian Pembiayaan Muarabahah Oleh Calon Debitur Akibat Ketidaksesuaian Objek Jual Beli Kendaraan Bermotor (Studi di Bank BRI Syariah Cabang Pandaan)

Irawan, Reni (2013) Upaya Bank Syariah Dalam Mencegah Pembatalan Perjanjian Pembiayaan Muarabahah Oleh Calon Debitur Akibat Ketidaksesuaian Objek Jual Beli Kendaraan Bermotor (Studi di Bank BRI Syariah Cabang Pandaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini membahas permasalahan tentang: (1) Bagaimana upaya Bank Syariah dalam mencegah pembatalan perjanjian pembiayaan murabahah oleh calon debitur akibat ketidaksesuaian objek jual beli kendaraan bermotor? (2) Apa faktor pendukung dan penghambatnya?. Hal ini dilatarbelakangi dengan semakin pesatnya perkembangan masyarakat dewasa ini akan sarana transportasi kendaraan bermotor. Oleh karena itu, Bank BRI Syariah Cabang Pandaan salah satu bank yang menggunakan sistem pembiayaan murabahah (jual beli) untuk pembelian secara pemesanan barang. Akan tetapi, pastinya dalam pemesanan barang terdapat adanya permasalahan yaitu tidak kesesuaian dari barang yang dipesan oleh calon debitur. Penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis sosiologis yakni berdasarkan peraturan perundang-undangan dan berdasarkan fakta di lapangan terkait upaya Bank Syariah dalam mencegah pembatalan perjanjian pembiayaan murabahah oleh calon debitur akibat ketidaksesuaian objek jual beli kendaraan bermotor. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer ini berupa pengalaman pihak BRI Syariah Cabang Pandaan, pendapat pihak-pihak BRI Syariah Cabang Pandaan yang mengetahui mengenai pembiayaan murabahah dan upaya dari pihak-pihak BRI Syariah Cabang Pandaan dan data sekunder ini berupa dokumen, akad murabahah serta data arsip Bank BRI Syariah Cabang Pandaan dan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian tentang pembiayaan murabahah . Penelitian ini menggunakan metode analisa data deskriptif kualitatif yaitu analisis terhadap data yang bertujuan agar dapat dideskripsikan segala fenomena yang ada dalam praktek pelaksanaanya. Dari hasil penelitian diatas, penulis memperoleh jawaban bahwa upaya Bank BRI Syariah cabang Pandaan dalam mencegah pembatalan perjanjian pembiayaan murabahah oleh calon debitur akibat ketidaksesuaian objek jual beli kendaraan bermotor yaitu mengganti objek jual beli kendaraan bermotor dengan persetujuan debitur dan musyawarah dengan cara negoisasi dengan calon debitur mengenai kesepakatan kesesuaian harga dan barang. Jika musyawarah tidak mencapai kesepakatan maka biaya riil bank harus dibayar debitur dari uang muka. Faktor pendukungnya yaitu pengutamaan upaya musyawarah dan mengganti objek jual beli kendaraan bermotor. Faktor penghambatnya yaitu jika debitur sulit untuk diajak musyawarah karena sibuk dengan mengurusi pekerjaannya dan menunggu inden lama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/248/051310708
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Dec 2013 14:06
Last Modified: 18 Apr 2022 01:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111610
[thumbnail of 051310708.pdf]
Preview
Text
051310708.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item