Perlindungan Hukum Terhadap Pengirim Pada Pengiriman Barang Ke Luar Negeri (Studi di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Selatan)

Simbolon, Wahyuni Adriyani (2013) Perlindungan Hukum Terhadap Pengirim Pada Pengiriman Barang Ke Luar Negeri (Studi di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pengangkutan, ada suatu kewajiban pengangkut untuk menjaga keselamatan barang yang diangkutnya hingga saat diserahkannya barang tersebut kepada orang yang ditujukan oleh pengirimya. Dalam melaksanakan kewajiban tersebut tidak terlepas dari suatu hambatan. Jika tidak dilakukannya suatu upaya untuk mengatasi faktor-faktor penghambat, maka akan menimbulkan suatu tanggung jawab apabila terjadinya keterlambatan, kehilangan, atau kerusakan pada barang. Hal ini mengarah pada seberapa jauh instansi penelitian memberikan perlindungan hukum terhadap para konsumennya yang mengalami kehilangan atau kerusakan pada barang. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis karena melihat dan meneliti sejauh mana pelaksanaan perlindungan hukum yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) terhadap konsumen apabila terjadi kerusakan atau kehilangan pada barang. Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskripstif analitis dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh langsung dari instansi penelitian dan sumber data sekunder sebagai pendukungnya. Lokasi penelitian adalah PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Selatan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam melaksanakan pengiriman barang ke luar negeri terdapat 2 (dua) faktor penghambat yang menyebabkan terjadinya keterlambatan, kehilangan, atau kerusakan barang, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat, terutama faktor internal sejauh ini sudah terealisasikan dengan cara melakukan identifikasi ulang terhadap barang konsumen yang dianggap mencurigakan dan adanya pengecekan ulang terhadap pencantuman kode pengiriman guna mencegah adanya kesalahan pengiriman dan mengakibatkan keterlambatan bahkan hilangnya barang kiriman. Namun, apabila upaya yang diberikan PT. Pos Indonesia (Persero) kurang efektif, maka akan menimbulkan suatu tanggung jawab pengangkut. Dalam melaksanakan tanggung jawabnya pada periode 2012 terdapat 5 kasus. Mengenai tanggung jawab sudah diatur pada klausula-klausula surat muatan udara yang biasanya disebut dengan resi pembayaran. Namun, klausula mengenai hilang atau rusak sebagian isinya yang tidak diberikan ganti rugi terdapat adanya pertentangan dengan Ordonansi Pengangkutan Udara ( Luchtvervoer Ordonnantie-Staatsblad 1939 No. 100 ) dan UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Hal ini mengakibatkan tidak adanya perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kehilangan atau kerusakan sebagian isinya. Saran dari penelitian ini adalah PT. Pos Indonesia (Persero) harus lebih efektif dan teliti dalam mengidentifikasi barang-barang konsumen guna mencegah terjadinya keterlambatan, kehilangan, atau kerusakan pada barang tersebut, melalui pemisahan mana barang yang mudah rusak dan mudah pecah, serta sebaiknya memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kehilangan atau kerusakan pada sebagian barang konsumen, dengan cara memenuhi tanggung jawabnya, berupa pemberian ganti rugi yang selayaknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/225/051309330
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Nov 2013 15:05
Last Modified: 14 Apr 2022 01:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111586
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MOTTO.pdf]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN.pdf]
Preview
Text
SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item