Faktor-Faktor Penyebab Majelis Hakim Dalam Memutus Perkara Terhadap Pemeliharaan Anak Yang Belum Mumayyiz Kepada Ayah Sebagai Akibat Perceraian (Studi Kasus Perkara Perceraian No. 823/Pdt.G/2011/Pa.Ml

Auliana, Nadya (2013) Faktor-Faktor Penyebab Majelis Hakim Dalam Memutus Perkara Terhadap Pemeliharaan Anak Yang Belum Mumayyiz Kepada Ayah Sebagai Akibat Perceraian (Studi Kasus Perkara Perceraian No. 823/Pdt.G/2011/Pa.Ml. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis membahas tentang faktor-faktor penyebab Majelis Hakim dalam memutus perkara terhadap pemeliharaan anak yang belum mumayyiz kepada ayah sebagai akibat perceraian. Adapun latar belakang dari judul tersebut yaitu pada dasarnya pemeliharaan anak yang belum mumayyiz atau belum berusia 12 Tahun adalah hak ibunya. Namun pada kenyataannya seorang ibu tidak dapat hak asuh anaknya yang belum mumayyiz dikarenakan ibu dari anak tersebut tidak dapat mengasuh, memperhatikan perkembangan, memberikan pemeliharaan secara langsung dan tidak memberikan kasih sayang kepada anak tersebut. perilaku dari pihak ibunya sangat diragukan untuk dapat membimbing dan mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan berahklak mulia. Sehingga yang berhak terhadap hak asuh anak yang belum mumayyiz adalah ayahnya. Berdasarkan uraian dalam latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Apa yang menjadi Faktor-faktor penyebab Majelis Hakim dalam memutus perkara terhadap pemeliharaan anak yang belum mumayyiz kepada ayah sebagai akibat Perceraian? (2) Bagaimana bentuk penerapan mengenai pemeliharaan anak yang belum mumayyiz dalam Perkara No.823/Pdt.G/2011/PA.Mlg di Pengadilan Agama Malang? Kemudian penulisan karya ilmiah hukum ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Jenis dan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh penulis selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu teknik analisis data dengan menggambarkan dan menguraikan Faktor-faktor penyebab Majelis Hakim dalam memutus perkara, bentuk penerapan mengenai pemeliharaan anak yang belum mumayyiz. Hasil penelitian dengan menggunakan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa yang menjadi faktor-faktor penyebab Majelis Hakim dalam memutus perkara terhadap pemeliharaan anak yang belum mumayyiz kepada ayah sebagai akibat perceraian tersebut terdapat dua faktor yang paling mendasar yaitu, faktor spiritual dan faktor materi. Di samping itu, ada pula bentuk penerapan mengenai pemeliharaan anak yang belum mumayyiz dalam Perkara No.823/Pdt.G/2011/PA.Mlg di Pengadilan Agama Malang berdasarkan ketentuan Pasal 105 huruf (a) Kompilasi Hukum Islam. Namun demikian pasal tersebut akan berlaku mutlak dalam kondisi normal, apabila ibu dari anak tersebut berbudi pekerti, berakhlak yang baik dan terpuji. Tetapi sebaliknya apabila ibu dari anak tersebut mempunyai kepribadian dan akhlak yang tercela, maka pasal tersebut tidak lagi mengikat dan patut dikesampingkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/195/051308669
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Sep 2013 09:45
Last Modified: 14 Apr 2022 00:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111555
[thumbnail of 051308669.pdf]
Preview
Text
051308669.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item